Follow Us

Ada "Neraka" di Jupiter, Lava Terpanas di Bumi aja Kalah!

Alvin Bahar - Jumat, 29 Juli 2016 | 03:15
Jupiter
Alvin Bahar

Jupiter

Di Planet Jupiter ada "Neraka" lho. Nggak percaya?

Planet Jupiter memiliki titik merah besar pada permukaannya. Penelitian dan observasi yang dilakukan baru-baru ini mengungkap bahwa suhu udara di atas titik merah besar tersebut, saat badai gemuruh nggak berhenti terjadi, bisa mencapai 1.300 derajat celsius Suhu segitu lebih panas daripada lava paling panas yang ada di Bumi lho.

"Itu adalah suhu paling panas yang dapat kami lihat di seluruh bagian planet, di atas atmosfer," kata peneliti James O'Donoghue dari Boston University seperti dikutip dari National Geographic, Kamis (27/7).

Meski begitu, bagaimana badai paling besar dalam sistem solar mampu membakar lapisan-lapisan gas di atasnya belum sepenuhnya diketahui.

Namun, rupanya para peneliti meyakini bahwa gelombang suara yang dihasilkan oleh badai-badai yang terjadi titik merah itu menggaung ke atas dan mampu memanaskan lapisan atmosfer.

Observasi yang dilakukan O'Donoghue beserta tim dengan menggunakan teleskop inframerah milik NASA di Hawaii menunjukkan, senggaknya ada satu bagian dari di planet itu yang mendidih dan menghasilkan titik panas yang besar.

Rupanya, titik itu berpusat di atas titik merah Jupiter, dengan badai-badai sangat besar terus terjadi selama berabad-abad.

O'Donoghue dan timnya melihat sebuah bentuk tertentu dari hidorgen yang disebut h3+ yang ada di lapisan atmosfer Jupiter.

Berdasarkan intensitas cahaya inframerah yang dipancarkan oleh ion di dalamnya, mereka bisa mengukur suhu udara yang ada dalam jarak 804 kilometer di atas titik merah besar Jupiter.

Mereka mengira bahwa gelombang suara yang dihasilkan oleh badai-badai besar yang selalu terjadi di titik merah besar itu dapat memanaskan lapisan atmosfer paling atas Jupiter selama badai-badai itu menggoyang dan menggetarkan gas-gas yang ada di Jupiter.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular