Follow Us

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Kucing Takut Banget Sama Air

Alvin Bahar - Kamis, 14 Juli 2016 | 07:15
Kucing
Alvin Bahar

Kucing

Melihara kucing di rumah? Pasti kamu sering banget berusaha keras pas mau mandiin kucing kesayangan kamu itu. Nggak jarang pula cakaran dan gigitan mendarat di tubuh. Alhasil, kita juga jadi ikutan mandi deh. Kebencian kucing terhadap air ini pasti udah kita ketahui meski sebenarnya sangat misterius. Kenapa kucing sangat membenci air, ya?

Ini dia beberapa alasan ilmiahnya yang dikutip dari whydo.com.

Pertama, kebanyakan kucing nggak dapat berenang seperti anjing. Sama seperti kita yang secara otomatis menghindarkan diri terlalu dekat dengan tepi yang curam karena nggak bisa terbang.

Kita serta merta menjauhi tempat-tempat seperti itu karena kita takut jatuh. Begitu pula dengan kucing, karena sebagian dari mereka nggak mampu berenang, kucing-kucing menjadi takut dengan air.

Kucing nggak suka saat bulu-bulunya basah sebab bagi kucing bulu merupakan mantel pelindung yang membuatnya tetap merasa hangat. Sedangkan untuk kucing-kucing yang berada di alam liar, menjadi basah menandakan bahwa tubuhnya kehilangan banyak kalori yang bisa membawanya kepada kematian.

Namun banyak juga kucing yang gemar dengan air dan akan sangat menikmati untuk mencelupkan kaki mereka ke dalam bak mandi atau mencelupkan kepala mereka di bawah keran untuk minum. Kucing domestik yang berasal dari keturunan tertentu bahkan dikenal dengan kucing yang gemar berenang sesekali. Misalnya kucing jenis Turki Van, kucing tersebut dikenal dengan julukan 'Kucing berenang' karena ketertarikannya terhadap air.

Meskipun kucing-kucing ini dapat mendayung kakinya sebaik anjing, secara rata-rata kucing nggak memiliki ketertarikan untuk berenang. Mengapa? Para ilmuwan dan para ahli hewan mengatakan beberapa alasan.

Yang pertama adalah alasan evolusi. Ketika kucing liar yang berada di dalam iklim hangat akan pergi ke dalam air dan berenang sesekali untuk menyegarkan kembali tubuh mereka, sebagian besar keturunan kucing domestik hidup di wilayah kering dan berenang adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk kelangsungan hidup.

"Kucing domestik merupakan keturunan dari Kucing liar Arab," kata Dr. John Bradshaw, seorang profesor dari University of Bristol's School of Veterinary Sciences dalam Mental Floss. "Nenek moyang mereka hidup di daerah dengan daerah yang memiliki jumlah air yang besar. Mereka nggak pernah belajar berenang."

Dan meskipun sudah hidup ribuan tahun bersama kita, kucing masih mempertahankan naluri yang sam dengan nenek moyangmereka dan mereka hanya 'semi-dijinakkan', menurut sebuah kelompok peneliti dari beberapa universitas termasuk Washington University School of Medicine dan Texas A&M serta diterbitkan pula dalam jurnal PNAS.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest