Follow Us

10 Penyebab Kematian Terbesar di Dunia

Alvin Bahar - Rabu, 18 Mei 2016 | 06:00
10 Penyebab Kematian Terbesar di Dunia
Alvin Bahar

10 Penyebab Kematian Terbesar di Dunia

Setiap orang tentu berharap bisa menikmati umur yang panjang sebelum akhirnya kematian datang. Tetapi, ada banyak faktor yang bisa membuat usia seseorang lebih pendek dari harapan. Mulai dari penyakit hingga kecelakaan, berikut adalah 10 penyebab kematian terbesar menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat. Walau data ini berasal dari AS, tetapi cukup bisa menggambarkan negara-negara lain, termasuk Indonesia:

1. Bunuh diri Bunuh diri atau secara sengaja melukai diri sendiri merupakan penyebab ke-10 kematian di AS pada tahun 2013. Yang memprihatinkan, bunuh diri jadi penyebab utama kematian pada kelompok umur 15-24 tahun.

Salah satu strategi mencegah bunuh diri adalah orang di sekitarnya mengenali tanda bahaya. Itu berarti jangan menyepelekan ketika seseorang mengaku ingin bunuh diri, meningkatnya penggunaan zat berbahaya, serta perubahan pada mood atau pola makan.

2. Gangguan ginjal Gangguan ginjal, termasuk peradangan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi obat ternyata juga menjadi penyebab kematian. Kondisi penyakit yang bisa menyebabkan gangguna ginjal antara lain penyakit diabetes, lupus, atau hipertensi.

3. Influenza dan pneumonia Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Orang lanjut usia, bayi, dan ibu hamil, merupakan kelompok yang paling beresiko mengalami komplikasi penyakit ini.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest