Follow Us

3 Jenis Tensimeter, Yuk, Mengukur Tekanan Darah Secara Rutin

- Jumat, 29 April 2016 | 04:30
Tensimeter Digital
Hai Online

Tensimeter Digital

Mengukur tekanan darah secara teratur sangat penting dilakukan oleh setiap orang, terlebih bagi yang berusia dewasa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui normal atau tidaknya tekanan darah dalam tubuh kita serta untuk mendeteksi penyakit darah tinggi sedini mungkin sehingga bisa dilakukan pencegahan atau pengobatan dengan segera mungkin.

Penyakit darah tinggi tidak disertai gejala ataupun keluhan tertentu. Kita tidak akan merasakan pusing ataupun mual meskipun tekanan darah kita sudah berada di atas normal dan kondisi seperti ini bisa berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya, seberapa penting mengetahui ukuran tekanan darah kita? Mengetahui tekanan darah kita tentunya sangat penting sekali, tekanan darah yang tidak normal atau tekanan darah tinggi akan mengakibatkan perenggangan dinding arteri serta dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika pembuluh darah kita pecah, maka bisa mengakibatkan terjadinya penyakit berbahaya di antaranya yaitu stroke, penyakit jantung, serta kelainan pembuluh darah otak.

Masih banyak dari kita yang malas untuk mengukur tekanan darah, salah satu hal yang membuat malas yaitu mesti pergi ke rumah sakit, puskesmas atau tempat pengobatan lainnya dan secara otomatis tentunya mesti mengeluarkan sejumlah uang. Namun, memeriksa tekanan darah tidak hanya bisa dilakukan di tempat tersebut saja, memeriksa tekanan darah pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk memeriksa tekanan darah diperlukan sebuah alat yaitu tensimeter atau alat tensi yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran.

Tensimeter sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu tensi meter air raksa, tensimeter aneroid dan tensimeter digital. Harga tensimeter setiap jenisnya berbeda-beda. Setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.

Tensimeter Air Raksa

Tensimeter jenis ini merupakan tensimeter konvensional, alat tensi ini sudah jarang digunakan karena alasan keamanan. Pada alat ini terdapat air raksa sebagai pengukur tekanan darah dan apabila pecah dan mengenai tubuh maka bisa berdampak buruk. Meskipun begitu, keakuratan tensimeter air raksa paling tinggi dibanding jenis tensimeter lainnya. Sistem kerjanya memakai dua alat, yaitu tensimeter dan stetoskop. Kedua alat tersebut dikombinasikan sehingga dapat menyimpulkan secara akurat normal atau tidaknya tekanan darah kita.

Tensimeter Aneroid

Selanjutnya tensimeter aleroid, jenis ini lebih aman dibanding tensimeter air raksa. Tensimeter aneroid tidak menggunakan air raksa sebagai pengukur tekanan darah melainkan menggunakan jarum mekanik yang mana akan bekerja sewaktu kain sintetis melingkar di lengan.

Tensimeter Digital

Tensimeter digital akan menampilkan hasil ukur digital secara otomatis. Dibandingkan dengan jenis air raksa dan aneroid, alat tensi digital ini sangat mudah digunakan bahkan untuk orang non-medis sekalipun. Pengoperasiannya sangat sederhana, hanya menekan tombol start dan stop, maka alat ini akan bekerja secara otomatis melakukan pengukuran dan hasil pengukuran akan langsung ditampilkan pada layar. Harga alat tensi digital ini lebih mahal dibanding dengan 2 jenis tensimeter sebelumnya. Kelebihan lain dari alat tensi digital yaitu dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti informasi denyut jantung serta dilengkapi memori guna menyimpan hasil pengukuran.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest