Follow Us

Brrr! Bakal Ada Es di Korea Festival 2016

Afra Augesti - Selasa, 05 April 2016 | 14:15
Salah satu bentuk Ice Carving
Afra Augesti

Salah satu bentuk Ice Carving

Ini dia festival tahunan yang ditunggu banyak penggila K-Pop di Indonesia! Setelah sukses mengejutkan para pecinta K-Pop pada Oktober 2015 lalu dengan mendatangkan Leeteuk dan Kangin, duo Super Junior (Suju), kali ini Korea Tourism Organization (KTO) bekerjasama dengan Kedubes Korea di Indonesia kembali menghisteriskan K-Popers Indonesia dengan menyuguhkan sederet kemeriahan budaya khas Negeri Gingseng dalam Korea Festival 2016.

Mengangkat tema “Korea Spring & Summer Festival”, acara tersebut akan diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue selama 3 hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 8 hingga 10 April 2016. Nah, puas-puasin deh buat ngerasain euphoria festival ini karena acaranya 100% gratis, cuy!

Apa yang membuat pagelaran budaya Korea tahun ini berbeda? Meski tahun ini pihak KTO tidak kembali mengundang Suju dan artis K-Pop lainnya dikarenakan jadwal para idola yang super padat, Korea Festival 2016 tetap akan diselenggarakan dengan menonjolkan sisi pariwisata dan kebudayaannya. Ngga apa deh kalau belum bisa ketemu Lee Min Ho, Bigbang, atau Girls Generation, senggaknya kita bisa cuci mata dengan fasilitas-fasilitas yang panitia siapkan untuk menuhin memori handphone dengan foto selfie atau wefie. Ya, kan?

Sebenarnya, ini nih yang membedakan festival tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, kompetisi Ice Carving atau seni memahat es. Seru deh kayaknya! Nantinya, es akan dipahat dan diukir sedemikian rupa untuk menggambarkan apa saja tentang Korea. Peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah para seniman pahat es handal asal Indonesia yang sudah sering banget malang melintang untuk berkarya dan mengikuti kompetisi di dalam dan di luar negeri.

Dalam jumpa pers pada Senin (4/4) di kantor KTO, Wisma GKBI Jakarta, Direktur Utama KTO, Mr. OH Hyonnjae mengatakan bahwa kompetisi ini belum pernah ada sebelumnya di Indonesia mengingat di Indonesia tidak memiliki musim salju.

“Kami sangat berterimakasih terhadap muda-mudi Indonesia yang juga menyukai budaya negeri kami. Selain dari artis-artis K-Pop, kami berharap Ice Carving ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dan hiburan unik bagi para pengunjung yang ingin menikmati dan mengenal budaya Korea lebih banyak.” paparnya.

Akan ada 3 seniman pahat es terpilih yang mengikuti kompetisi ini. Mereka akan berkompetisi selama 3 hari penuh di Lotte Shopping Avenue sejak dibukanya acara hingga penutupannya. Peserta akan menjalani sistem gugur dan hanya akan ada 1 peserta yang dinyatakan sebagai pemenang di akhir acara.

Peserta akan memahat es berukuran 100x150 centimeter di atas panggung dengan kurun waktu satu jam. Selama satu jam itu, mereka akan memahat es menjadi berbagai macam karakter yang menggambarkan Korea, entah itu Namdaemun, Namsan Tower, rumah tradisional, Jenderal Yi Sun Sin, atau mungkin artis K-Pop kesukaan kamu! Hihi.

Dan asal kamu tau, suhu ruangan ketika kompetisi Ice Carving ini berlangsung tidak akan berubah mendekati 0o Celcius atau bahkan minus sekian derajat Celcius, lho! Wuih, terus gimana tuh? Emang ngga meleleh? Jakarta kan panas. Jangankan es, air mineral dingin kemasan botol yang kita diemin di tas ransel selama 15 menit aja udah berasa anget kaya air rendeman kaki!

“Ya, memang suhu ruangan nanti mengikuti suhu dalam Lotte Shopping Avenue. Si pemahat sudah bisa memperhitungkan waktu ketika dia memahat dengan mencairnya es. Jadi, es tidak akan mencair sebelum waktunya. Mereka kan sudah ahli, sudah banyak pengalaman. Semua sudah mereka perhitungkan dengan baik pastinya.” terang Irma Maulida selaku Manager Media & Public Realtion KTO Jakarta.

Hmm, kira-kira, Lotte Shopping Avenue bakal menjelma seperti ala-ala musim dingin di Korea ngga ya?

Editor : Hai Online

Latest