Follow Us

Sedia Timun Sebelum Tifus

- Jumat, 01 April 2016 | 04:00
Sedia Timun Sebelum Tifus
Hai Online

Sedia Timun Sebelum Tifus

Penyakit Tifus atau Tipes (Typhoid Fever atau Thypus abdominalis) adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian usus dan mengakibatkan gangguan di perut. Rasa tidak nyaman memang akan sangat dirasakan pada bagian perut. Penyakit ini sendiri diakibatkan oleh bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyerang usus melalui media makanan, minuman, dan beberapa media lain yang bisa membawa bakteri tersebut masuk ke mulut.

Gejala Tipes

Secara umum penyakit Tifus ini disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonella typhi atau jenis bakteri Salmonella paratyphi A, B dan C yang juga bisa membuat penderitanya mengalami gastroenteritis dan septikemia.

Biasanya untuk mengetahui gejala orang yang terinfeksi bakteri tersebut agak sedikit susah sih! Pasalnya gejala tipes ini mirip sekali dengan gejala penyakit DBD yang disebabkan oleh virus. Bahkan tidak jarang ada salah diagnosa yang menyebutkan sakit tipes sebagai akut DBD. Maka dari itu biasanya petugas medis akan melakukan pemeriksaan lab untuk mengetahui hasil yang lebih akurat.

Namun kalau melihat ciri-ciri penderitanya, biasanya serangan demam akan berlangsung selama lebih dari 7 hari atau lebih dari 10 hari. Baik orang dewasa ataupun anak-anak biasanya akan mengalami demam di malam hari.

Jika penderita diminta untuk menjulurkan lidahnya, maka akan terlihat lidah yang cukup keruh dan kotor. Terutama bagian tengahnya yang akan berwarna putih meskipun bagian tepinya akan terlihat normal. Rasanya cukup tidak nyaman karena rasa pahit pada lidah akan memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan pedas dan asam. Bakteri yang mulai berkembang di dalam hati dan limpa juga bisa membuat penderita akan sering merasa mual dan muntah karena terjadi pembengkakakan pada bagian tersebut. Kalau nggak segera diobatui, komplikasi penyakit lainnya adalah diare atau bahkan sembelit. Biasanya,badan akan terasa lemas, pusing dan tenggorokan pun ikut terinfeksi. Bahkan yang paling parah adalah penderita akan sampai jatuh pingsan karena kondisi fisiknya yang semakin melemah karena digerogoti oleh penyakit tipes ini.

Penyebab

Tipes bisa menyerang semua kalangan, mulai dari balita hingga orang dewasa Biasanya penyebab utama penyakit tipes ini adalah masalah kebersihan diri dan lingkungan sehingga virus ataupun bakteri bisa sangat mudah berkembang di tempat-tempat yang mungkin tidak terduga. Bisa saja bakteri tipes ini bisa bersarang di gelas, sendok, piring, atau bahkan di bak mandi kamu. Untuk itu perhatikan deh kondisi kebersihan lingkungan dan kebersihan diri.

Penyebab lain yang menmunkinkan adalah kamu mengonsumsi makanan basi, daging yang masih mentah, ataupun makanan yang kotor. Segala jenis makanan dan minuman yang sudah tercemar dengan kotoran akan bisa merusak kondisi dinding usus. Kondisi ini bukan cuma bikin orang kena tipes tapi juga menimbulkan infeksi karena terbentuknya lubang dan pendarahan cukup parah pada usus tersebut.

Timun Diperas Jadi Obat

Lalu bagaimana cara mengatasi gejala tipes dengan obat tradisional? Nah, ketimbang memilih jenis obat-obatan kimia yang kamu bisa tebus dari apotek atau dari dokter misalnya. Mungkin kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan obat gejala tipes yang lebih alami seperti menggunakan buah Mentimun.

Ya, ternyata Timun bisa mengobati gejala tipes dengan cara meminum perasan timun segar yang baru dipetik atau dibeli di pasar tradisional. Caranya adalah dengan mencuci 3 buah timun sampai bersih, dan parut timunnya. Setelah diparut, peraslah parutan timunnya dan minum air tersebut dua kali sehari selama seminggu sampai kondisi kamu mulai membaik.

Kenapa Timun atau Cucumis sativus? Ternyata eh ternyata, si Timun ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi dalam buahnya. Tingginya kandungan air menjadikan buah timun memiliki khasiat memperlancar buang air besar sehingga dengan begitu, usus akan terbantu dalam menghilangkan dan menetralkan toksin (racun) tubuh. Cairan timun juga dapat membantu melunturkan bakteri-bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih kita.

Yuk, sedia timun sebelum tifus tapi jangan dipake buat yang lain-lain ya, maksudnya dirujak hehehe

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest