Follow Us

Jangan Tanyakan Dulu Sebesar Apa Peluang Rio Haryanto di F1

- Rabu, 16 Maret 2016 | 00:45
Jangan Tanya Apakah Rio Bisa Menang di F1?
Hai Online

Jangan Tanya Apakah Rio Bisa Menang di F1?

Mata Rio Haryanto selalu berkaca-kaca kalau sudah mendengar lagu Indonesia Raya, apalagi kalau dikumandangkan di arena balapan sementara dirinya berada di podium urutan pertama. Rio selalu ingin terus mendengar nyanyian itu dan tentu saja membanggakan nama Indonesia. Tiga kali di urutan pertama di ajang GP2 series, Rio selalu merasakan hal yang sama. Terakhir kali berada di podium dan mengibarkan bendera merah putih di Silverstone, Inggris Rio menitikan air mata. Bukan karena merasa puas telah menuai prestasinya, namun ia cuma merasa bahwa mimpinya sudah dekat, yaitu balapan di Formula One. Ya, dia mulai yakin kalau peluang Rio Haryanto di F1 mulai terkuak.

"It's start for below formula one. Kalau saya masuk ke sana (F1), ini bagus untuk sejarah indonesia," ucapnya bersemangat ingin jadi orang Indonesia pertama yang turun ke balapan jet darat dunia.

Meski beberapa kali menuai prestasi gemilang dan membanggakan nama Indonesia, Rio selalu merasa dukungan pemerintah masih setengah-setengah, namun dia nggak memikirkan itu. Justru dalam benaknya dia cuma mau fokus membanggakan nama bangsa ini.

"Tidak mudah memang, namun saya cuma memikirkan apa yang bisa saya beri untuk negeri ini bukan sebaliknya," ucapnya tegar.

Kini, seperti apa yang diucapkan Rio tentang mimpi besarnya menjadi pebalap F1 tercapai. Sebentar lagi, debut Rio Haryanto di Grand Prix Australia, Minggu (20/3) akan dimulai. Tentu kabar ini membuat Indonesia bangga, bahkan sebelum babak kualifkasi dimulai. Ajang F1 kali ini bakal menjadi tontonan yang ditunggu banyak orang. Tidak sedikit harapan yang muncul dari kehadiran pebalap asal Surakarta ini terhadap kemeriahan ajang Formula One (F1) musim 2016.

Tapi, membicarakan peluang Rio Haryanto di F1 juga terlalu dini. Pasalnya, Rio baru saja tahu gimana sensasi duduk di kursi mobil F1. Kesempatan itupun hasil manuver Rio menjadi pay driver untuk tim Manor Racing. Tim yang telah meresmikannya sebagai salah satu pebalap F1 musim ini.

Apa sih sebenarnya pay driver itu?

Pay driver adalah pebalap yang bersedia untuk ikut balapan tanpa dibayar, sekaligus membawa sejumlah sponsor untuk mengamankan posisinya di belakang cockpit. Fenomena pay driver bukan hal yang tabu buat dunia balapan mobil. Selain di F1, pay driver ada di semua ajang balap. Baik itu GP2 Series, Formula 3, NASCAR Xfinity Series, dan the Firestone Indy Lights. Namun, keikutsertaan pebalap sebagai pay driver bukan hanya ditentukan oleh sejumlah uang. Tapi juga potensi prestasi yang mungkin diukirnya.

Saat ini, Rio Haryanto yang sudah resmi masuk ke dalam list pebalap F1 harus membuktikan kemampuannya mengendalikan mesin mobil MRT05 Nomor 88 andalannya di lintasan sirkuit. Hal yang sudah diimpikannya sejak kecil. Berlaga di kompetisi jet darat paling prestisius di dunia: Formula 1. Dan, Albert Park Melbourne jadi lintasan pertama yang harus dijajalnya.

Tapi, bakal sebesar apa peluang Rio Haryanto di F1, 2016?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest