Follow Us

ComicFest ID2016 Siap Angkat Komik Indonesia

- Senin, 14 Maret 2016 | 08:30
Cosplayers Spiderman ikut memeriahkan acara di Comic Con
Hai Online

Cosplayers Spiderman ikut memeriahkan acara di Comic Con

Event kreatif khusus komik terbesar di Indonesia: ComicFest ID2016 siap digelar pada tanggal 28-29 Mei 2016 mendatang di SMESCO Exhibition Hall, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta.

Siap-siap, ComicFest ID2016 ini bakal jadi ajang persatuan para komikus Indonesia untuk pamer karya. Nggak Cuma komikus lokal senior, tetapi juga pendatang baru dengan berbagai style dan genre bisa ikut tumplek di sini. Selain itu, ComicFest ID2016 juga rencananya akan diramaikan oleh tamu komikus internasional serta cosplayer dari mancanegara.

“Kami ingin mengapresiasi seluruh komikus lokal dan mendorong komik Indonesia ke pentas yang lebih tinggi. Karena itu kami harapkan agar kita semua dapat bersatu di ComicFest ID. Kami memberikan booth khusus bagi para komikus senior serta stage time untuk mereka,” kata Chris Lie, direktur utama PT Wahana Inspirasi Nusantara penyelenggara ComicFest ID2016 seperti dari press release yang HAI terima, Senin (14/3).

“Bagi komikus lokal pendatang baru maupun yang bermain di jalur independen, panitia juga menyediakan space bagi mereka dengan harga yang amat terjangkau,” kata Lie lagi yang juga adalah penerbit majalah kompilasi komik lokal re:ON Comics yang pernah sukses menggelar event re:CON 2015 tahun lalu.

Chris Lie berharap, ajang ini bisa mempromosikan karya komikus Indonesia kepada khalayak ramai, bahkan lewat ComicFest ia telah mempersiapkan visi untuk eksisnya komikus lokal bisa berkiprah di luar negeri.

"Kami ingin membuktikan bahwa komikus kita juga memiliki talenta serta daya saing yang tinggi dan siap meramaikan pasar internasional, khususnya ASEAN di era MEA ini. Oleh karenanya acara ini kami namakan ComicFest supaya ke depannya juga lebih mudah untuk dibawa ke luar negeri," kata Chris lagi.

Comic Fest juga menjanjikan adanya sejumlah cosplayer dari luar negeri yang dihadirkan dengan sengaja untuk ikut meramaikan live performance "The Grand Legend Ramayana" atau kisah Ramayana yang dimodernisasi dan diadaptasi dari komik lokal berjudul sama.

“Nggak cuma itu, ComicFest ID juga bisa dibilang merupakan event pop-culture pertama di mana tamu dari mancanegara datang untuk memerankan karakter komik lokal, bukan sebaliknya," sambungnya.

Lainnya, dari dari sisi edukasi, ComicFest ID juga bakal mengadakan workshop yang dibawakan oleh ilustrator dan komikus profesional dengan materi yang dipersiapkan bagi para individu yang berniat untuk memperdalam keahlian ilustrasi mereka dan bersiap untuk terjun ke dunia profesional.

Kemudian dari sisi industri kreatif, ComicFest ID akan mempersatukan kekuatan para pelaku komikus Indonesia, mulai dari para komikus senior dengan karya mereka yang monumental di masa lalu hingga komikus kontemporer, termasuk memberikan ruang bagi komikus junior serta komikus yang berjuang di jalur independen.

Sementara itu ada juga lomba cosplay dengan hadiah belasan juta rupiah. Keunikan lomba cosplay di ComicFest ID ini yaitu merupakan kompetisi cosplay pertama yang mengkhususkan diri dan hanya fokus pada karakter komik Indonesia.

Untuk pamerannya, para calon exhibitor yang telah masuk dalam antrian meliputi penerbit buku dan komik baik cetak maupun digital, studio game, produsen elektronik, produsen makanan dan minuman, lembaga pendidikan, serta stationery dan alat gambar. Dan karena ComicFest ID merupakan ajang berkumpulnya para komikus Indonesia maka penyelenggara menyiapkan space dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kami telah menyiapkan lebih dari 60 space untuk pemain komik lokal Indonesia dan sekitar 40% kami khususkan bagi komikus independen dengan harga yang amat terjangkau,” tutupnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest