Follow Us

Uut sampai Uus: Empat Unsur Kimia Baru Lengkapi Tabel Sistem Periodik Unsur

- Senin, 22 Februari 2016 | 06:45
Ayo lengkapin tabel sistem periodik unsur kamu!
Hai Online

Ayo lengkapin tabel sistem periodik unsur kamu!

Uut, Uup, Uus dan Uuo merupakan empat unsur kimia yang baru ditemukan para ilmuwan Rusia, Amerika dan Jepang. Empat unsur tersebut telah diverifikasi oleh para ahli dan secara resmi ditambahkan ke dalam tabel sistem periodik unsur kimia.

Karena itu, buku teks kimia kalian harus segera diganti per Januari 2016. Hapalan sistem periodik unsur (SPU) dalam mata pelajaran kimia di sekolah juga bakal bertambah. Terutama di periode ke-7 (baris ketujuh tabel SPU). Elemen-elemen baru ini, menenami masuknya elemen ke-114 dan 116 pada 2011 lalu.

International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), organisasi global berbasis di Amerika Serikat yang mengatur nomenklatur, terminologi dan pengukuran kimia telah memverifikasi keempat unsur baru tersebut pada 30 Desember 2015.

Tim ilmuwan Rusia-Amerika terdiri dari ilmuwan dari Joint Institute for Nuclear Research di Dubna dan dari Lawrence Livermore National Laboratory di California., lewat IUPAC mengumumkan bahwa mereka telah menghasilkan bukti yang cukup untuk mengklaim penemuan unsur ke-115, 117 dan 118.

Adapun penemuan unsur 113, yang juga telah diklaim oleh Rusia dan Amerika, diberikan untuk sebuah tim ilmuwan dari Riken Institute di Jepang.

"IUPAC sekarang telah memulai proses formalisasi nama dan simbol untuk unsur-unsur yang saat ini diberi nama pengganti sebagai ununtrium, (Uut atau unsur 113), ununpentium (Uup, unsur 115), ununseptium (Uus, unsur 117), dan ununoktium (Uuo, unsur 118 )." jelas Jan Reedijk, profesor sekaligus presiden Divisi Kima Anorganik IUPAC.

Unsur baru dapat dinamai konsep mitologi, mineral, sebuah tempat atau negara, properti atau ilmuwan.

Keempat unsur baru—semuanya adalah buatan manusia, ditemukan dengan cara membanting inti ringan pada satu sama lain dan melacak peluruhan radioaktif unsur-unsur super berat.

Sama halnya dengan unsur-unsur super berat lain yang mengisi akhir tabel periodik, mereka hanya ada untuk sepersekian detik sebelum melebur ke dalam unsur-unsur lain.

Semangat Temukan yang Baru Lagi

Kosuke Morita, pemimpin penelitian di Riken, mengatakan bahwa ia dan timnya kini berencana untuk mengamati lagi wilayah yang belum terpetakan dari unsur 119 dan seterusnya. Mereka terlihat semnagat untuk menemukan unsur-unsur baru lagi.

Ryoji Noyori, mantan presiden Riken dan penerima Nobel Kimia mengatakan, “Bagi ilmuwan, penemuan ini lebih berharga dibandingkan (mendapat) medali emas olimpiade.”

Siap!

sumber: NatgeoIndonesia

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest