Follow Us

Sekolah Siap MEA?

- Selasa, 16 Februari 2016 | 08:45
Sekolah Siap MEA?
Hai Online

Sekolah Siap MEA?

2016, berarti era ASEAN Free Trade Area (AFTA) atau pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Indonesia dimulai. Tepatnya tanggal 3 Januari kemarin, era ini udah mulai berlaku secara total di Tanah Air.

Udah tau dong hubungannya sama kita?

Biarpun terkesan jauh sama dunia remaja, tapi sebenarnya nggak. Karena berkaitan dengan membludaknya aliran pekerja asing yang akan memunculkan persaingan kerja di masa depan. Nah, berarti kan persiapannya harus sejak dimulai dari bangku sekolah dan kuliah. Bener, nggak?

Sekarang udah mulai terjadi lho. Di kantor-kantor sudah banyak diisi oleh para pekerja dari negara lain. Di perusahaan besar, kita akan bersaing bukan cuma dengan orang Indonesia dari lulusan universitas lokal ternama , tapi juga orang-orang dari Vietnam atau Singapura.

Tapi nggak usah takut, guys. Kalau kata presiden kita tercinta, Pak Jokowi yang dilansir Kontan, Senin (4/12), pemerintah akan melakukan pembenahan di segala lini, khususnya terkait produk lokal apa aja dan sektor investasi apa aja yang bisa berkompetisi di pasar bebas ini.

”Siap tidak siap, kita harus siap, tidak usah khawatir, mereka (negara ASEAN lain), saja takut sama kita, masa kita takut sama mereka,” ujar pria yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini terkait potensi perekonomian Indonesia di tahun 2016 dan di era awal MEA ini.

Jadi, sekolah siap MEA itu ...

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest