Follow Us

Bukan Magellan, Justru Orang Indonesia Yang Pertama Keliling Dunia

- Kamis, 26 November 2015 | 04:15
Enrique Maluku
Hai Online

Enrique Maluku

Kita tahunya, manusia pertama yang mengelilingi bumi adalah Ferdinand Magelhaens atau Magellan. Nyatanya, sejarah baru telah mengungkap bahwa orang Indonesia, yaitu Enrique Maluku adalah yang pertama keliling dunia.

Fak ta ini mulai tersebar sejak terbitnya buku berjudul “Enrique Maluku asal Indonesia-Pengeliling Bumi Pertama (bukan Magellan) karya Helmy Yahya dan Reinhard R Tawas.

Memang, tidak banyak yang tahu, selama 450 tahun pencapaian putra bangsa Indonesia bernama Enrique Maluku sebagai manusia pertama yang mengililingi bumi, sengaja ditutup-tutupi.

Padahal ada catatan yang menyebut Enrique adalah orang pertama yang mengelilingi dunia tertuang dalam jurnal Maximillianus Transylvanus, yang kemudian dibukukan oleh Avonturor (petualang) kaya asal Italia. Karya itu, sampai sekarang masih tersimpan di perpustakaan Universitas Yale, Amerika Serikat.

Sayangnya, ketika terungkap Malaysia dan Filipina sempat mengklaim kalau Enrique adalah orang mereka. Namun demikian itu terjadi, kita orang Indonesia, tetap jangan berkecil hati, sebab sejarah akan selalu berpihak pada kebenaran.

Untuk itulah, buku terbitan Ufuk Publishing House siap menjabarkan informasi ilmiah tentang keberadaan putra Maluku yang berhasil mengelilingi dunia pertama kali sebelum abad ke-15 Masehi.

Sebelum buku setebal 236 halaman ini dipasarkan secara luas di masyarakat, penerbit telah meminta restu dari Gubernur Maluku Ir Said Assaggaf, sebagai sesepuh dan orang nomor satu di bumi raja-raja untuk memberi kata pengantar dna mengumumkan kebenarannya.

"Pengeliling dunia pertama adalah Enrique Maluku, orang Indonesia yang berasal dari Maluku," kata Said seperti dikutip dari nationalgeographic.co.id, Kamis (26/11). Said menegaskan orang Maluku memiliki sejarah mendunia, untuk itu, ia akan menyiarkan fakta ini ke setiap siswa di sekolah yang ada di daerahnya.

”Kita sudah pesan buku itu dalam jumlah besar. Nanti setiap sekolah akan dibagikan agar siswa dapat membaca dan mengetahui sejarah Enrique,” paparnya lagi.

Wah, ternyata orang Maluku duluan merantau ya, hmmm kalian jadi penasaran nggak sama isi bukunya? Kalau yang udah pernah baca komentar di sini dong!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest