Follow Us

Wah, Balon Google Siap “Melayang” di Langit Indonesia

- Kamis, 29 Oktober 2015 | 05:45
Sudah Disepakati, Balon Google Siap “Melayang” di Langit Indonesia pada 2016
Hai Online

Sudah Disepakati, Balon Google Siap “Melayang” di Langit Indonesia pada 2016

Pernah lihat balon Google terbang di langit Pulau Jawa sekitar Maret 2015 lalu? Yap, itu balon Helium milik Google, bro! Dalam uji coba Projet Loon, balon-balon berwarna transparan itu membawa semacam tenaga internet untuk diakses penduduk Indonesia.

Kalau Maret lalu, mereka menerbangkan satu balon udara, mulai 2016 bakal ada lebih banyak lagi balon Google yang siap melintasi langit Indonesia dan pastinya balon-balon itu bakal mempermudah seluruh warga Indonesia berinternet ria.

Setiap balon di Project Loon akan berfungsi eperti BTS "melayang". Yang cara kerjanya seperti menara BTS (base transceiver station) pada umumnya, tetapi melayang di udara dan menjangkau daerah-daerah yang lebih luas lagi di Indonesia.

Tim Google Project Loon dengan tiga operator utama Indonesia telah melakukan kesepatakan kalau ratusan balon Google siap melayang di langit Indonesia pada awal 2016. Kesepakatan itu dilakukan di Google X, Mountain View, California pada Rabu (28/10) waktu Amerika Serikat.

Tiga operator seluler di Indonesia yang bersepakat, menurut kabar dari press release yang HAI terima antara lain Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata. Secara resmi kesepakatan itu juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

Menurut kepala Project Loon, Mike Cassidy, dibutuhkan ratusan balon Google untuk mencakup seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya 17.000 pulau di Indonesia tersebar luas yang jika disatukan maka luas daratannya kurang lebih 750.000 meter persegi.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest