Follow Us

Tips Bikin Band Awet dari Jikun /rif

Alvin Bahar - Rabu, 21 Oktober 2015 | 05:45
Jikun
Alvin Bahar

Jikun

Jadi anak band emang selalu jadi impian banyak orang, apalagi kalau band tersebut bisa bertahan lama banget. Masalahnya, buat band long lasting itu nggak gampang, begitu menurut sebagian musisi, baik yang senior ataupun yang baru merintis. Pasti ada tips bikin band awet yang harus dikuak, nih.

Tips ini yang membuat HAI penasaran sama band-band yang dibentuk udah lumayan lama dan masih berkarya sampai sekarang, seperti Naif, Pure Saturday, dan /rif, apa aja yang mereka lakukan dan gimana cara membuat band mereka bertahan hingga detik ini.

Jikun "/rif" yang ditemui HAI di acara yang diadakan oleh @musikberbagi di daerah Jakarta Selatan memberikan tiga tips supaya band yang kalian bentuk bisa berumur panjang.

Baca Juga: Tips Jadi Vokalis Grindcore dari Boy "Dead Vertical"

"Pertama sih, chemistry. Kalau nggak ada ikatan yang kuat antar personel, kayaknya umur band kalian juga nggak bakalan lama", ujar gitaris bertato ini. Kemudian, Jikun juga menyinggung soal konsep band yang harus jelas. "Tentuin dulu dari awal, kita konsep band nya apa nih, rock n roll kah, pop kah, atau yang lainnya, dari situ, kita bakal punya target kedepannya merunut dari konsep yang udah dibentuk dari awal", tambah Jikun.

Dan yang terakhir, Jikun menyarankan untuk memperbanyak manggung dimana-mana, dari satu venue ke venue lain. "Dengan banyak main dari panggung ke panggung, nggak harus yang gede, paling nggak satu tahun lah, biar ngerasain gimana animo penikmat musik dari berbagai panggung, kalau udah begitu, kalian jadi udah punya penggemar sebelum punya album, sama seperti /rif dulu, abis itu baru buat album. Jadi, pas album kalian udah rilis, udah ada segmentasinya", tutup gitaris ini ramah.

Tuh, disimak ya tips bikin band awet dari Jikun /rif!

Baca Juga

3 Hal Yang Harus Dimiliki Agar Band Kamu Sukses

Tips Membentuk Imej Band dari Jimi Multhazam

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest