Follow Us

Mobil Batman Sekarang Punya Klaim Hak Cipta Loh!

Rian Sidik (old) - Rabu, 01 Februari 2012 | 13:07
Mobil Batman Sekarang Punya Klaim Hak Cipta Loh
Rian Sidik (old)

Mobil Batman Sekarang Punya Klaim Hak Cipta Loh

Pasti kalian masih ingat kan ciri khas utama Batman selain bajunya yang super gelap? yap benar, Batmobile atau mobil Batman. Mobil modfikasi khusus film batman yang bermesin Cord 810 dengan grill depan yang khas. Dan kabar yang cukup mengejutkan datang dari pengadilan tinggi California. Hakim pengadilan tersebut memutuskan bahwa Batmobile adalah benda yang sudah memiliki hak cipta dan bagi siapa yang meniru kemudian memperjual-belikan model atau modifikasi mobil mirip dengan Batmobile, akan segera dikenakan undang-undang pelanggaran hak cipta. Kenapa ini bisa terjadi?

Tahun lalu, DC Comics selaku perusahaan cabang dari Warner Bros, perusahaan yang memproduksi film Batman, menuntut seorang pengusaha bernama Mark Towles yang tercatat mempunyai sebuah bisnis mobil yang menjual mobil-mobil imitasi atau tiruan Batmobile bernama " Gotham Garage". DC Comics mengklaim bahwa hak cipta Batmobile tersebut telah dilanggar dan mereka pun menuntut sang pengusaha ke pengadilan California.

Hasilnya? Pengadilan menetapkan Mark Towles bersalah dan mengakui bahwa Batmobile telah syah memilik hak milik yang dipegang oleh DC Comics. Namun tetap, banyak pertanyaan yang muncul tentang klaim pengadilan tersebut. Seperti yang dilontarkan oleh sebuah website, Hollywood Reporter. Situs tersebut memberikan sebuah pertanyaan yang intinya menyinggung keputusan pengadilan tersebut kalau sebuah haruskah sebuah model kendaraan memilik hak cipta?. Well, cukup rumit memang kalau sudah menyinggung hak cipta. Namun tetap, Batmobil tersebut adalah salah satu kendaraan film legenda.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest