Follow Us

Menyiapkan Setelan Bass Untuk Live Ala Aldri "Samsons"

Rian Sidik (old) - Jumat, 29 November 2013 | 15:42
Menyiapkan Setelan Bass Untuk Live Ala Aldri Samsons
Rian Sidik (old)

Menyiapkan Setelan Bass Untuk Live Ala Aldri Samsons

Kalau bassis band besar mungkin sudah punya teknisi khusus untuk mengatur persiapan saat live. Nah, bagaimana kalau nggak punya teknisi?

Do it yourself saja! Kali ini, Aldri dari Samsons bagi-bagi tips menyiapkan bass untuk tampil live. Mulai dari persiapan senar hingga sound Aldri jabarkan di School of Rock kali ini. Yuk, disimak langkah-langkahnya

"Sehatnya, sih, kalau main live usahakan pakai senar yang selalu baru. Rasanya akan lebih berbeda," ujar Aldri.

Memang nggak harus, sih, tapi baiknya memang selalu gunakan senar yang baru saat tampil live. Soalnya suara yang dihasilkan senar baru bakal fresh dan lebih enak didengar. Jangan lupa dicek juga tuning-nya, ya. Baiknya juga senar diganti secara rutin dan teratur.

"Kalau memang sendirian nggak ada yang bantuin, bawa semua yang diperlukan. Jangan lupa bawa cadangan kalau diperlukan. Seperti cadangan senar," lanjut Aldri.

Yap, untuk menghindari masalah, baiknya segalanya disiapkan sedari mungkin. Mulai dari senar, baterai, kabel, dll. Jangan lupa bawa alat-alat cadangan yang diperlukan.

Menyiapkan bass untuk live tentunya berbeda dengan menyiapkannya untuk rekaman. Kalau untuk rekaman, salah sedikit masih bisa diatur ulang. Nah, untuk live performance, beda, sob!

"Untuk main live, ceknya harus cepat dan sigap. Karena ini main live, kalau salah, nggak bisa mundur (diperbaiki) lagi," tambah Aldri.

Kalau menyiapkan bass sendirian, nggak hanya harus kenal sama instrumennya. Sound-nya juga. Harus kenal sama amplifier-nya. Menurut Aldri, di jaman serba modern ini mudah aja kok menguasai sound.

"Gue sarankan bisa cek sound. Kenali amplinya dulu. Jaman sekarang udah canggih, lo bisa lihat YouTube cari-cari settingannya, atau yang lo senang seperti apa suaranya," paparnya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest