Follow Us

10 Film Bencana Wajib Tonton Jelang 21 Desember 2012

Rian Sidik (old) - Rabu, 19 Desember 2012 | 14:32
10 Film Bencana Wajib Tonton Jelang 21 Desember 2012
Rian Sidik (old)

10 Film Bencana Wajib Tonton Jelang 21 Desember 2012

Banyak yang percaya anggal 21 Desember 2012 mendatang merupakan tanggal yang bersejarah untuk peradaban manusia. Ramalan suku Maya yang menyebutkan bahwa kehidupan di dunia akan berakhir cukup menarik perhatian banyak kalangan.

Karena pada hari itu, menurut kalender suku Maya, Matahari terletak di rasi Sagittarius. Jauh di belakangnya, ada pusat Galaksi Bimasakti yang memiliki lubang hitam bermassa 4 juta kali massa Matahari. Kesegarisan bumi, matahari, dengan pusat galaksi ini dituding akan mengoyak matahari dan anggota tata surya lain. Gaya pasang surut dari pusat Galaksi dianggap akan makin besar karena Matahari sedang di bidang galaksi.

Isu tersebut sangatlah mempengaruhi kehidupan masyarakat bumi. Tidak terkecuali dengan industri perfilman Hollywood. Sudah banyak film-film besar yang mengangkat kisah-kisah heroik para pemainnya dalam bertahan dari sebuah bencana bahkan akhir dari kehidupan di dunia. Dan berikut 10 film bencana terbaik versi Hai Magazine.

10. Melancholia

Suku Maya percaya bahwa saat bumi mengalami kiamat besar nanti, sebuah planet misterius bernama Nibiru akan menjadi salah satu penyebab kehancurannya. Kisah ini mungkin menjadi salah satu alasan Lars von Trier menggarap. Melancholia.

Dibintangi aktris Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg dan Kiefer Sutherland, film drama berdurasi 130 menit ini bercerita tentang Justine, seorang anak muda yang sangat ketakutan akan terjadinya kiamat ketika Melancholia menabrak bumi.

Film ini dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama mengangkat kisah Justine jauh sebelum kiamat terjadi dan di bagian kedua menceritakan kisah tentang Justine yang mulai memperlihaatkan ke semua orang bahwa dunia benar-benar akan kiamat sebelum pada akhirnya Melancholia menghantam bumi.

Film ini dirilis pada 26 Mei 2011 lalu dan sempat diputar pada Festival Film Cannes, Prancis.

9. The Perfect Storm

Film drama bencana garapan sutradara Wolfgang Patersen ini sempat menuang kontroversi ketika dianggap salah menginterpretasikan kisah sebenarnya. Namun tetap, film ini cukup meraih kesuksesan dengan meraup dua nominasi Oscar pada 2001 lalu.

Mengangkat kisah kapal ikan komersial, Andrea Gail yang mengikuti ekspedisi mengarungi lautan antartika, film ini disutradarai oleh Wolfgang Petersen dan dibintangi dua aktor besar, George Clooney dan Mark Wahlberg. Film ini pun diadaptasi dari kisah nyata para kru kapal Andrea Gail yang karam diterjang ombak pesat saat bencana The Perfect Storm terjadi di tahun 1991.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest