Follow Us

5 Era Pop Punk

iamalvin - Jumat, 18 April 2014 | 08:27
5 Era Pop Punk
iamalvin

5 Era Pop Punk

Pop punk adalah salah satu sub-genre musik rock yang paling terkenal. Genre ini telah melahirkan banyak band hebat seperti Green Day, The Ergs!, Blink-182, dan Teenage Bottlerocket. Pop punk sendiri pernah mengalami sukses di industri musik mainstream, bahkan sempat hilang beberapa saat.

Berikut ini adalah 5 era pop punk yang HAI rangkum dari situs AltPress. Era mana yang jadi favoritmu? Tulis komentar dan dengarkan playlistnya di bawah ini, ya!

Sebelum pop punk menyusup ke mainstream lewat Blink-182 dan Green Day pada 2000an, sari pati genre ini telah lahir jauh sebelum itu. Ada Buzzcocks dan Ramones di 70-an, Descendents pada 80-an, dan pada awal 90-an, band pop punk seperti Screeching Weasel dan The Queers mulai sukses di bawah bendera Lookout! Records.

1994 adalah tahunnya pop punk: Green Day merilis Dookie dan meraih sertifikat Diamond untuk penjualan lebih dari 10 juta kopi. Pada tahun yang sama, NOFX akan merilis Punk In Drublic, album mereka yang paling sukses secara komersial dan meraih Gold. Album Offspring - Smash juga rilisan besar lain di era ini. Smash menjual 6 juta kopi sampai saat ini.

Pada waktu tertentu di akhir 90-an / awal 2000-an, kita sering melihat Blink-182 dan Sum 41 di MTV. Yap, pop punk menginvasi TV dan kehidupan sehari-hari. Enema Of The State milik Blink-182 menjadi album yang paling sukses secara komersial pada periode ini, yakni menjual lebih dari lima juta kopi dan menginspirasi band pop punk lain. Bahkan saat Blink dan Sum 41 melemah, api era ini terus menyala kuat: Good Charlotte masuk ke chart top 40 dengan "Lifestyles Of The Rich And Famous," begitu juga dengan "I'd Do Anything" milik Simple Plan. New Found Glory dan MxPx menandatangani kontrak dengan label besar dan mulai menyeberang ke mainstream.

Pop punk beristirahat singkat sampai sekitar tahun 2004, ketika mereka mulai lepas landas lagi. Band era ini lebih terdengar ngepop. Saves The Day merilis album Stay What You Are, yang memperkenalkan perpaduan template pop-punk dan emo untuk generasi baru. Sebuah label indie California, Drive-Thru Records mengenalkan band seperti Starting Line, Something Corporate dan Senses Fail. Era ini juga merupakan awal hubungan pop-punk dengan jejaring sosial: Myspace terbukti menjadi sekutu terbesar pop punk di era ini. Tambahan, All Time Low lahir di era ini.

Era emo pop-punk berakhir setelah band-band seperti Fall Out Boy dan Paramore jadi terlalu ngepop dan Drive-Thru menutup pintu mereka. Pop punk tidak lagi sebeken dulu, karena metalcore mulai mengambil alih skena musik. Namun sekitar tahun 2008, pop punk bangkit setelah Wonder Years, Man Overboard dan The Story So Far lahir. Genre ini mulai menarik perhatian dari label rekaman ikonik seperti Hopeless, Fearless dan bahkan Rise Records. Sekarang, seperti pop punk di tahun 90-an, ada gelombang baru band-band yang mencoba menghidupkan kembali genre: Real Friends, State Champs, Modern Baseball, Neck Deep dan Knuckle Puck adalah beberapa nama yang patut diwaspadai.

Dengerin playlist 5 era pop punk di bawah ini:

Editor : Alvin Bahar

Latest