Follow Us

Malu, Steve Wozniak pun Kritik Film "Jobs"

- Senin, 19 Agustus 2013 | 04:00
Malu Steve Wozniak pun Kritik Film Jobs
Hai Online

Malu Steve Wozniak pun Kritik Film Jobs

Film Jobs : Get Inspired! telah menuai kritik keras dari sahabat mendiang Steve Jobs, yakni Steve Wozniak. Kritikan itu disampaikannya bahkan saat sebelum film itu rilis, yakni Jumat (16/8) lalu. Wozniak secara lugas menyatakan kalau film biopik kawannya itu banyak yang salah kaprah.

Pada saat merilisklip perdana 'Jobs'yang dibintangi aktor Ashton Kutcher itu, Wozniak melontarkan kritikan pedasnya. Ia menganggap adegan dalam video tersebut nggak pernah terjadi dalam kehidupan sahabatnya itu.

"Sangat salah! Sosok Jobs dan kemunculan ide komputer yang mempengaruhi masyarakat itu bukan dari Jobs. Hal itu menginspirasi saya," kata Wozniak yang secara panjang lebar mengatakan kalau Jobs ikut membicarakan ide itu secara terbuka di Klub Komputer Homebrew. "Jobs kembali dari Oregon dan datang ke klub itu untuk ikut rapat dan nggak berbicara tentang dampak sosial dari ini," katanya lagi.

Lebih rinci, ide Jobs adalah membuat PC seharga USD 20 (sekitar Rp. 192 ribu) dan menjualnya USD 40 (sekitar Rp. 384 ribu) untuk membantu orang-orang di klub tersebut membangun kembali komputer yang sudah usang. Adapun soal adegan yang dikritiknya adalah, Wozniak nggak mengira kalau penampilan mereka di awal menemukan "Apple" terlihat seperti orang-orang kerja.

"Saya juga nggak terlihat seperti seorang profesional saat itu. Kami berdua masih bocah. Hubungan kami berdua juga sangat jauh dari apa yang digambarkan dalam film itu," katanya lagi kurang setuju. Meski demikian, Steve Wozniak tetap nggak keberatan kalau film biopik itu tersebar dan nantinya bisa mengibur masyarakat.

"Aku sebenarnya sangat malu, tapi kalau memang filmnya menghibur nggak apa-apa. Semua orang yang ingin tahu kisah yang sebenarnya terjadi bisa membaca buku 'iWoz' kok," pungkasnya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest