Follow Us

Peningkatan Pariwisata dan Pertanian, Ini Beberapa Hasil Inovasi dari Gerakan Menuju Smart City 2023

Yussy Maulia - Rabu, 13 Desember 2023 | 16:21
Peningkatan Pariwisata dan Pertanian, Ini Beberapa Hasil Inovasi dari Gerakan Menuju Smart City 2023
Dok. Istimewa

Hai-online.com -- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menggulirkan Gerakan Menuju Smart City sejak 2017. Gerakan ini membimbing kota dan kabupaten untuk membuat inovasi yang dapat meningkatkan taraf hidup warga.

Hasil dari bimbingan tersebut adalah rencana aksi pembangunan berbasis smart city yang komprehensif, yakni menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Pada 2023, Gerakan Menuju Smart City melibatkan 50 kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa contoh inovasi yang lahir dari gerakan ini adalah peningkatan pariwisata dan agraria.

1. Program peningkatan pariwisata

Kabupaten Jayapura sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Contohnya Danau Sentani yang indah, Air Terjun Cyclops setinggi 15 meter yang viral di media sosial, hingga Kampung Tablasupa yang menjadi tempat pengamatan burung cendrawasih.

Sayangnya, potensi tersebut belum sepenuhnya diketahui publik. Karena itulah, Pemerintah Kabupaten Jayapura berkomitmen menggiatkan sektor wisata melalui aplikasi Tourism Information Center (TIC).

Baca Juga: Gerakan Menuju Smart City 2023 Resmi Ditutup, 50 Kota dan Kabupaten Dapat Penghargaan!

Lewat aplikasi tersebut, wisatawan bisa menemukan seluruh informasi yang dibutuhkan, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga kontak yang bisa dihubungi jika wisatawan membutuhkan pemandu perjalanan.

Bagi wisatawan yang belum dapat mengakses aplikasi, Pemkab Jayapura juga akan menempatkan gerai TIC di area publik. Contohnya di pusat perbelanjaan, hotel, kafe, rumah sakit, pusat olahraga, dan perkantoran milik pemerintah.

Upaya meningkatkan potensi pariwisata juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Salah satunya, melalui inovasi aplikasi KBB Berkah.

Aplikasi tersebut memuat berbagai informasi mengenai pariwisata dan kuliner yang tersedia di wilayah Bandung Barat. Tak hanya itu, tersedia fitur khusus yang menampilkan produk-produk yang dipasarkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, sehingga berpotensi dibeli oleh wisatawan.

Aplikasi KBB Berkah juga dijadikan sebagai sarana informasi terbuka untuk masyarakat yang dapat mempermudah keperluan administrasi, seperti Lapor Bupati, Lapor Pajak, Mal Pelayanan Publik, Perizinan Berusaha melalui Online Single Submission (OSS), dan PUPR.

Editor : Sheila Respati

Latest