Follow Us

Biar Nggak Sia-sia, Ini Alasan Rambut Uban Nggak Boleh Dicabut!

Al Sobry - Selasa, 07 Maret 2023 | 15:15
Cabutin uban di Kepala

Cabutin uban di Kepala

HAI-Online.com – Rambut yang berubah warna dari asli hitam atau merah menjadi abu-abu kemudian putih alias jadi uban, pastinya akan sangat mengganggu penampilan, namun ternyata, rambut yang tumbuh memutih tersebut tidak boleh dicabut lho.

Yap, daripada mencabutnya, kamu bisa melakukan perawatan rambut yang bakal mencegahnya untuk tumbuh kembali atau melakukan pewarnaan sesuai keimginan.

Namun, selalu ada alasan kenapa rambut uban nggak boleh dicabut? Seperti dilansir dari University of Arkansas for Medical Sciences (UAMS Health), rambut beruban tidak boleh dicabut karena hanya bakal menyebabkan rambut putih untuk tumbuh lagi.

Kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya produksi melanin, atau pigmen yang menghasilkan warna alami rambut, para area uban tumbuh.

Baca Juga: Bikin Wow, Ternyata Uban di Kepala Bisa Musnah Cuma Diolesin Bayam Sebelum Keramas

Karena melanin sudah tidak diproduksi lagi, maka nantinya rambut yang tumbuh tetap akan berubah menjadi putih. Jadi mencabutnya akan percuma.

Selain itu, mencabut rambut uban juga dapat merusak folikel rambut sehingga memicu infeksi yang akan menyebabkan luka atau bahkan kebotakan pada area kulit kepala di sekitarnya.

Sedangkan menurut WebMD, rusaknya folikel rambut juga malah bakal bikin rambut yang tumbuh semakin tipis dan lebih mudah rapuh. Mencabut uban akan menimbulkan rasa gatal karena rusaknya folikel rambut. Kemudian, bekas luka yang muncul pada kulit kepala juga akan memicu rasa gatal. Menurut Medical News Today, menggaruk bagian yang gatal secara berlebihan akan semakin merusak kulit kepala dan folikel rambut sehingga akan menyebabkan rambut rontok. Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Potong Rambut di Barbershop Lebih Mahal Dibanding Tukang Cukur Biasa!

Nah, jika kamu mau tahu cara menghilangkan rambut yang beruban setelah tahu faktor yang menyebabkannya apa, maka coba ditiru cara yang dianjurkan Healthline, yaitu rambut beruban yang disebabkan oleh kondisi genetik tidak bisa dikembalikan seperti semula, kecuali hanya bisa melakukan pewarnaan rambut dan bukan mencabutinya.

Sedangkan rambut yang memutih karena kondisi kesehatan tertentu bisa dikembalikan seperti semula ketika penyakitnya sudah disembuhkan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan B-12 atau suplemen B-12 juga akan membuat folikel rambut semakin sehat dan mengembalikan rambut yang beruban seperti semula.

Menghentikan kebiasaan merokok juga disarankan meskipun masih belum banyak penelitian yang membuktikan bahwa berhenti merokok bisa mengembalikan warna alami rambut.

Setelah mengetahui alasan kenapa rambut uban tidak boleh dicabut tersebut, kamu juga perlu menahan godaan untuk mencabutnya.

Selamat mencoba! (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular