Follow Us

Legenda Animator Disney Burny Mattinson Tutup Usia di Umur 87 Tahun

- Selasa, 28 Februari 2023 | 15:01
Burny Mattinson
IGN Southeast Asia

Burny Mattinson

HAI-ONLINE.COM - Burny Mattinson legenda Disney, animator, sutradara, produser, dan salah satu orang yang bekerja paling lama dalam The Walt Disney Company, telah meninggal pada usia 87 tahun.

Disney mengabarkan kabar duka tersebut pada Senin (27/2/2023) waktu setempat.

Menurut kabar, Burny Mattinson meninggal dunia di Pusat Perawatan dan Rehabilitasi Canyon Oaks di Canoga Park.

Dirinya pernah berkontribusi dalam beberapa animasi Disney kontribusinya dalam film, Aladdin, Beauty and The Beast, The Lion King, Pocahontas, The Hunchback of Notre Dame, Tarzan, dan Mulan. Selain itu dia adalah penanggung jawab cerita di Winnie the Pooh tahun 2011 dan sempat membantu Goofy Short How to Hook Up Your Home Theater pada 2007.

Baca Juga: Kalahkan Reputasi BTS, New Jeans Jadi yang Terpopuler di Februari 2023

Mattinson memiliki ketertarikan terhadap dunia animasi semenjak usia 6 tahun, ibunya Hannah Estevez, sempat mengajak anaknya menyaksikan Pinocchio (1940) di Orpheum Theater.

Mattinson lahir di San Francisco California, pada 13 Mei 1935, dan Mattinson memiliki ketertarikan terhadap dunia animasi semenjak usia 6 tahun, ibunya Hannah Estevez, sempat mengajak anaknya menyaksikan Pinocchio (1940) di Orpheum Theater.

Baca Juga: Arsip David Bowie Diakusisi Victoria and Albert Museum London

Lalu saat dirinya lulus sekolah ibunya membawa Mattinson mengantarkannya Los Angeles ke Burbank untuk melamar ke Walt Disney Studio.

Saat itu tidak ada lowongan untuk animator studio, Mattinson pada akhirnya bekerja sebagai staf ruang persuratan.

Enam bulan setelahnya, Mattinson diajak oleh Studio untuk bergabung di proyek Lady and The Ramp (1955).

Dari situ ia berhasil menjadi asisten animator pertama tanpa pendidikan formal. Proyek ini menjadi awal karirnya di Studio Walt Disney. Pria asal San Francisco itu akhirnya resmi menjadi seorang animator full-time setelah menjalani 2 bulan pelatihan. (*)

Penulis : Muhammad Halim Zunurain

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest