Follow Us

Ini Dia Gaya Whimsi Goth Ala 90-an yang Lagi Ngetren di Anak Muda

Rifka Amalia - Selasa, 31 Januari 2023 | 20:15
The Craft
The Craft

The Craft

HAI-ONLINE.COM - Kalau lo pernah searching tentang konten "cottage core" atau "witch core" terutama di TikTok, kemungkinan lo pernah menemukan “whimsi goth,” yakni tren mode lainnya yang saat ini lagi marak di media sosial.

Tapi, lo tau nggak sih arti dari gaya whimsi goth sendiri?

Mengutip dari artikel Alternative Press, whimsi goth merupakan singkatan dari ‘whimsical and gothic,’ yakni gaya memesona yang seringnya menampilkan earth tones untuk membangkitkan vibes playfulness, dengan layers yang flowing.

Interpretasi dari style ini diperlihatkan lewat gaya beberapa musisi dan selebriti, contohnya frontwomen Hope Sandoval dari Mazzy Star, musisi Amerika Billy Corgan, atau beberapa pemeran dalam film 1966, The Craft.

Visualisasi whims goth style.
TikTok

Visualisasi whims goth style.

Style ini sebagian besar dipengaruhi sama akar bohemian dan gothic, yang merangkul kedua elemen fesyen boho yang longgar, dengan tampilan gothic undertones yang edgy.

Pada dasarnya, tren ini memadukan gaya grunge tahun 90-an dengan estetika fairy-tale yang dikombinasikan bersama modernitas apik, untuk menciptakan ‘look’ yang sempurna dalam merepresentasikan ‘hippie witch’ masa kini.

Istilah whimsi goth sendiri, pertama kali diciptakan sama salah satu pendiri Consumer Aesthetics Research Institute, Evan Collins, yang pernah meneliti tentang estetika Y2K dalam karakterisasi saat ini.

Collins meringkasnya sebagai ‘post-modern mélange of styles.’

Selain musisi dan selebriti, banyak banget influencer TikTok yang punya gaya whimsi goth dalam kontennya.

Dilansir dari dari artikel Alternative Press, salah satunya ada Maranda Vandergriff yang menjelaskan tentang keunikan dari gaya whimsi goth itu sendiri.

Vandergriff bilang kalau mode bohemian secara tradisional membangkitkan citra hippies yang berjiwa bebas.

Sedangkan, gothic cenderung lebih gelap serta elegan, dan style whimsi goth menghadirkan unsur imajinasi.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest