Follow Us

Biar Untung, Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Jual Mobil Bekas

Yussy Maulia - Senin, 30 Januari 2023 | 15:53
Penampilan interior dan eksterior mobil menentukan harga jual mobil bekas.
Dok. mobbi

Penampilan interior dan eksterior mobil menentukan harga jual mobil bekas.

HAI-Online.com – Pada kondisi tertentu, menjual mobil dapat menjadi keputusan yang tepat. Saat kepingin punya mobil dengan tipe atau model keluaran terbaru, misalnya, lo bisa jual mobil bekas untuk memperoleh modal beli mobil baru.

Selain itu, kebutuhan finansial yang mendadak dan kondisi mobil yang sudah enggak layak juga menjadi alasan kebanyakan orang memutuskan untuk menjual mobil mereka.

Apa pun alasannya, jual mobil bekas sebaiknya dilakukan dengan penuh persiapan, mulai dari menentukan harga sampai mengoptimalkan kondisi mobil. Hal ini dilakukan supaya lo dan pembeli sama-sama memperoleh keuntungan.

Biar lebih jelas, berikut lima hal yang perlu lo persiapkan sebelum jual mobil bekas.

Baca Juga: Sering Dipake tapi Nggak Tahu Artinya? Ini 6 Singkatan dari Kijang Sampai BH, Cek Deh!

Ilustrasi mobil bekas.
Dok. mobbi

Ilustrasi mobil bekas.

  1. Menentukan harga jual
Hal pertama yang bisa lo lakukan adalah menentukan harga mobil bekas yang akan dijual. Lakukan riset harga pasar terlebih dahulu supaya harga jual yang lo tentukan nantinya enggak kelewat tinggi atau rendah.

  1. Siapkan dokumen penting
Biasanya, calon pembeli akan menanyakan beberapa dokumen penting terkait kepemilikan mobil. Misalnya, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Oleh sebab itu, ada baiknya lo sudah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan masa aktif STNK masih berlaku untuk meyakinkan calon pembeli bahwa mobil yang lo jual enggak bermasalah.

  1. Perbaiki penampilan mobil
Penampilan mobil berpengaruh pada harga jual. Mobil bekas yang bersih dan minim goresan tentu akan lebih dilirik oleh calon pembeli ketimbang mobil bekas yang tampak usang dan tak terawat.

Baca Juga: Kasih Inovasi Baru, Mobil Listrik Mahasiswa UMM Juara Satu di Kompetisi Mobil Nasional 2022

Editor : Hai

Latest