Follow Us

10 Tahun Lalu Hari Ini, Mengenang Isu Kiamat 21 Desember 2012 yang Bikin Panik Seluruh Dunia!

Reinaldy Royani - Rabu, 21 Desember 2022 | 09:35
Mengenang 10 tahun isu Kiamat 2012
Wikimedia

Mengenang 10 tahun isu Kiamat 2012

HAI-ONLINE.COM - Kalo boleh sedikit ke masa lalu alias throwback nih, lo masih inget nggak sih di tanggal hari ini, 21 Desember satu dekade lalu ada kejadian apa?

Yes, ada isu akhir dunia atau Kiamat 2012! Sebenernya dari mana sih isu ini berasal? Kok bisa pada waktu itu viral banget?

Asal mula 'Kiamat 2012'

Mulai akhir dekade 2000-an, banyak orang di seluruh dunia, bahkan media-media mainstream turut menggembar-gemborkan isu akhir dunia akan jatuh pada hari Jumat, 21 Desember 2012.

Hal ini berawal dari hari terakhir kalender suku Maya periode 13 baktun. Baktun sendiri adalah putaran 20 katun pada Kalender Hitungan Panjang Maya kuno. Ekuivalen dengan 144.000 hari, sama dengan 394,25 tahun Masehi.

Banyak persiapan pun dilakukan, mulai dari khusyuk berdoa, berlindung dalam bungker, hingga memborong produk pangan olahan dan lilin. Namun, sebagian besar justru nggak menggubris isu itu.

Baca Juga: 'Is This The End?'

Kekacauan yang terjadi

Pada penghujung 2012, otoritas keamanan China sempat menangkap 93 penyebar isu kiamat. Beberapa di antaranya anggota sekte ”Tuhan Maha Agung” yang yakin kiamat terjadi pada 21 Desember nanti, sesuai ramalan yang didasarkan pada akhir kalender Penghitungan Panjang bangsa Maya di Amerika Tengah.

”Mereka percaya Matahari nggakbersinar dan listrik padam tiga hari mulai 21 Desember,” kata seorang anggota Biro Keamanan Publik di Xining, Provinsi Qinghai, China, dilansir dari Xinhua.

Rumor ini sukses merebak dan membuat warga China memborong makanan dan minuman kaleng, lilin, korek api, dan baju hangat untuk bertahan dari kiamat (?), LOL!

Emang terkesan konyol, tapi rumor ini terbukti ampuh dan nggak sedikit lho orang yang termakan!

Baca Juga: Persiapan Kiamat, Oreo Simpan Jutaan Biskuitnya dalam Bunker Anti Asteroid Untuk Dikonsumsi Manusia di Akhir Zaman

Kepanikan di berbagai belahan dunia!

Dilansir dari Kompas.com, Pebisnis asal China, Yang Zongfu pun membuat bola raksasa untuk menyelamatkan diri bila kiamat tiba. Bola yang disebut ”Perahu Nuh” baru itu diklaim mampu melindungi dari radiasi, api, dan temperatur tinggi.

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest