Follow Us

Lagu 'Hanya Satu' Dewa 19 Disebut Eksperimen, Ahmad Dhani: Itu Andra Ramadhan Bikinnya Harus Pakai 4 Chord Sampai Habis!

Arlingga Hari Nugroho - Kamis, 24 November 2022 | 16:10
Ahmad Dhani sebut lagu Hanya Satu adalah lagu eksperimen Dewa 19.
PHR Senayan

Ahmad Dhani sebut lagu Hanya Satu adalah lagu eksperimen Dewa 19.

HAI-Online.com - Ahmad Dhani sebut lagu Hanya Satu adalah lagu eksperimen dari personel Dewa 19 untuk album Terbaik Terbaik.

Sebagai informasi, album Terbaik Terbaik adalah album ketiga Dewa 19 yang dikerjakan dengan serius dan dirilis pada tahun 1995.

Menurut Ahmad Dhani, proses pengerjaan lagu Hanya Satu sedikit berbeda dengan yang lain karena ada eksperimennya.

"Lagu Hanya Satu itu eksperimennya itu tau nggak apa?" tanya Ahmad Dhani, "Lagu itu Andra buatnya cuma [pakai] empat chord, dan harus jadi satu lagu penuh. Itu beratnya di situ."

Setuju dengan yang disampaikan Dhani, gitaris Andra Ramadhan mengakui kesulitan di lagu Hanya Satu karena harus memakai empat chord terus menerus hingga bagian akhir lagu.

Baca Juga: Kenang Album 'Terbaik Terbaik' Dewa 19, Andra Ramadhan: Semua Lagu Enak, Tapi Paling Favorit Ya Lagu 'Satu Hati'!

"Dari awal sampai akhir, dari intro sampai akhir itu empat chord doang. Diulang-ulang," tambah Andra.

Lebih jauh, Ahmad Dhani menjelaskan kalau album Terbaik Terbaik merupakan album transisi dari fase selera musik Dewa 19 yang mulai berubah.

Hal ini terlihat dari eksperimen dan karakter musik Dewa 19 yang mulai beralih ke musik alternatif.

"Album Terbaik Terbaik itu album persimpangan. Bener-bener separuh alternatif, separuh selera kita yang lama," kata Ahmad Dhani.

"Sampai akhirnya [album] Pandawa Lima bener-bener hilang selera kita," imbuhnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest