Follow Us

Mengenal 'Pesta Pelajar': Cikal Bakal dari Pensi SMA, Lahir Karena Tawuran

Alvin Bahar - Jumat, 18 November 2022 | 14:39
Pesta Pelajar Hai
Dok. HAI

Pesta Pelajar Hai

HAI-ONLINE.COM - Pensi udah sering kita denger (atau malah pernah jadi panitia juga). Namun apakah asal usul pensi sudah kita ketahui?

Bukannya sombong, tapi ada nih orang yang bilang PENSI adalah kelanjutan dari Pesta Pelajar Hai. Mungkin ada benarnya. Meskipun Hai sendiri nggak pernah mengklaim begitu.

Yang pasti, Pesta Pelajar yang digelar Hai sejak tahun 1989 nggak melulu mengusung pentas seni dan hiburan.

Lebih dari itu, Pesta Pelajar justru lahir dari kepedulian media kita ini terhadap tawuran pelajar yang kian marak di akhir 80-an itu.

Karenanya anggota panitia Pesta Pelajar bukanlah dari tim Hai. Panitia direkrut dari temen-temen SMA. Pun yang dipilih adalah SMA-SMA yang doyan tawuran.

Ternyata, begitu dikumpulin temen-temen kita itu bisa kompak. Paling nggak itu dululah.

Abis itu bareng Hai sama-sama belajar gimana bikin acara yang pas buat kita semua. Yang nggak kalah penting belajar berorganisasi yang baik dan benar.

Hasilnya? Keren abis. Mau itu gelaran lomba seni, diskusi dan seminar, pameran karya sendiri, sampai manggungin sederet band. Gelanggang Olahraga Bulungan, Jakarta Selatan, jadi saksi betapa kita bisa menggelar kegiatan yang positif banget.

Sukses Pesta Pelajar pertama berlanjut. Tahun '90 giliran temen-temen kita di Yogya yang membuktikan bisa sama hebatnya sama pelajar Jakarta.

Acara dipusatkan di SMA De Brito dan melibatkan semua SMA yang ada di Yogya.

Baca Juga: Gimana Ceritanya Sepultura bisa Foto Pake Kaos HAI?

Pesta Pelajar HAI 1991
Dok. HAI

Pesta Pelajar HAI 1991

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest