Follow Us

HaiLook '89, 'Citayam Fashion Week' Before It Was Cool: Bukti Kalo dari Dulu Remaja Butuh Ruang Berekspresi

Alvin Bahar - Kamis, 17 November 2022 | 21:10
HAILook 89
HAI

HAILook 89

HAI-ONLINE.COM - Dari dulu sampai sekarang, remaja tuh sama-sama butuh ruang berekspresi yang bisa dilihat banyak orang. Ruangnya aja disediain, nggak perlu sampai dikasih beragam hal yang kurang relevan.

Kemiripan HaiLook '89 dengan Citayam Fashion Week adalah contohnya.Pemicunya adalah sebuah rubrik di HAI.Semenjak kemunculan perdananya pada Januari tahun 1989, rubrik ‘Trend’ di HAI menjadi inspirasi gaya remaja pada masanya. Selain menerima permintaan banyak remaja yang ingin jadi model, para pembaca yang nggak segan mengirimkan banyak sejumlah pujian, kritik dan sumbangsih saran.

Berawal dari desakan pembaca itu pula HAI bareng Radio OZ Bandung untuk pertama kalinya berinisiatif menggelar pentas akbar busana remaja.

Uniknya, pagelaran fashion gede-gedean itu tidak diselenggarakan dalam ruangan ber-AC. Tapi di jalanan, persis di depan Gedung Sate yang biasa dipakai warga untuk berolahraga.

Saat itu, tanggal 8 Oktober 1989, suasana di Jalan Diponegoro, Bandung mendadak berubah menjadi lautan manusia.

Ya, bukan untuk olahraga tapi mereka penasaran ingin menyaksikan seperti apa acara ‘HaiLook’ itu.

Itang Yunasz, desainer legend yang saat itu sempat didaulat sebagai redaktur tamu HAI dibantu kru, kala itu mesti jungkir balik mempersiapkan acara ini berbulan-bulan.

Alhasil, Jalan Diponegoro, Bandung disulap jadi pentas busana raksasa.

Berlangsung sejak pukul 9 pagi, hajatan gratis perdana HAI di dunia mode ini menyentak dan menjadi kejutan buat para pembaca, juga pecinta fashion.

Penonton ternyata tak cuma ingin melihat baju-baju. Tapi juga ingin melihat dari dekat para model yang jadi idolanya, seperti Karina, Donny Damara, Tio Pakusadewo, Thomas Djorghi dan Dede Yusuf (iya! Dede Yusuf yang mantan Wagub Jabar itu!).

Baca Juga: Gimana Ceritanya Sepultura bisa Foto Pake Kaos HAI?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest