Follow Us

Rame Soal iPhone 'IMEI Kemenperin' dan 'Smartfren Only', Apa Itu?

Reinaldy Royani - Kamis, 03 November 2022 | 14:23
Perbedaan iPhone IMEI Kemenperin dan Smartfren Only
Trusted Reviews

Perbedaan iPhone IMEI Kemenperin dan Smartfren Only

HAI-ONLINE.COM - Di marketplace, banyak kita temui iPhone yang dijual dengan berbagai macam tipe, jenis, dan kondisi. Yang lagi rame sekarang salah satunya adalah yang berkondisi IMEI Kemenperin dan Smartfren Only. Apaan tuh?

Kamu nanya, apa itu IMEI Kemenperin dan Smartfren Only? Ya udah HAI kasih tahu ya!

iPhone dengan IMEI Kemenperin

Dilansir dari Kompas Tekno, iPhone IMEI Kemenperin merupakan iPhone yang dipasarkan secara legal, dengan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telah terdaftar di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sebenarnya, sejak tahun 2020, pemerintah udah menerapkan kebijakan pemblokiran jaringan kepada ponsel-ponsel ilegal yang dipasarkan nggak bayar pajak dan mendaftarkan IMEI.

So, karena udah resmi terdatfar, iPhone IMEI Kemenperin nggak akan kena pemblokiran jaringan dan bisa mengakses jaringan dari semua kartu operator.

Baca Juga: Eliezer dan Cerita Iphone 13 Pro Max dari Sambo: Saya Tidak Memiliki Kemampuan untuk Menolak

iPhone Smartfren Only

Lain dengan iphone IMEI Kemenperin, iPhone Smartfren Only adalah iPhone yang terkena pemblokiran jaringan karena IMEI di dalamnya nggak terdaftar di database Kemenperin.

iPhone dengan jenis ini nggak bisa mengakses jaringan seluler dari semua kartu operator dan hanya bisa menggunakan kartu Smartfren, makanya dinamain Smartfren Only.

Mau ngotot coba pake kartu lain? Mending nggak usah deh, karena iPhone Smartfren Only kamu bakal munculin status "Tidak ada layanan".

IMEI dalam iPhone
Dok Reinal / HAI

IMEI dalam iPhone

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest