Follow Us

Ini yang Bikin Charger Smartphone Terbakar

iamalvin - Selasa, 10 Maret 2015 | 10:20
Ini yang Bikin Charger Smartphone Terbakar
iamalvin

Ini yang Bikin Charger Smartphone Terbakar

Sejak April 2014-Desember 2014 ternyata ada 9 kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh terbakarnya bagian charger smartphone di Jepang. Apa sih penyebab charger smartphone bisa terbakar gitu?

Institut Kesehatan dan Kehidupan Perfektur Hyogo minggu lalu memberikan peringatan kepada masyarakat Jepang agar berhati-hati pada saat men-charge smartphonenya. Soalnya, dua kasus di antaranya mengakibatkan luka ringan pada bagian tangan manusia.

Januari 2015 lalu bahkan seorang anak perempuan usia 10 tahun akhirnya juga luka-luka pergelangan tangannya karena smartphonenya yang di-charge di dalam mobil tiba-tiba meledak dan terbakar.

Di kasus lain ada seorang anak laki-laki cedera luka bakar pula Februari 2015 akibat smartphone yang terbakar pula saat di charge.

Menurut Institut tersebut penyebab kebakaran karena adanya keringat atau air dekat colokan charge smartphone tersebut. Demikian pula adanya debu campuran yang mengandung zat bahaya dekat colokan charger sehingga memicu terjadinya kebakaran atau hubungan pendek (korsleting) pula.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest