Follow Us

10 Superhero Asli Indonesia

Ega Hai - Selasa, 23 September 2014 | 07:08
10 Superhero Asli Indonesia
Ega Hai

10 Superhero Asli Indonesia

Tokoh-tokoh superhero seperti Superman, Batman dan Spiderman, mungkin udah nggak asing lagi buat kalian. Tapi nggak cuma "produk" luar negeri aja, Indonesia juga kaya akan superhero.

Superhero Indonesia ini sudah eksis sejak tahun 70-an, saat masa jaya industri komik nasional.

Simak nih, 10 superhero dari komik Indonesia:

1. Gundala Putra PetirGundalah merupakan karakter dari tokoh komik bernama Hasmi. Komik Gundala Putra Petir ini dirilis pada tahun 1969.Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu lewat desain karakter maupun jenis kekuatannya. Sang pencipta pun nggak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash.

"Iya betul. Cuma kalau Flash saya kurang sreg, jadi ini saya ciptakan yang menurut saya kecepatannya masih masuk akal nggak secepat cahaya." tutur Hasmi, ditemui saat jumpa pers film Gundala.

Yang menarik adalah lokasi cerita berpusat di Yogyakarta, kebetulan Tanah kelahiran Hasmi. Berawal dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka. Dia menemukan serum antipetir. Karena keasyikan menemukan penemuannya, dia sampai lupa hari ulang tahun kekasihnya. Alhasil, hubungan mereka putus. Sancaka yang patah hati pun galau. Dia berlari di tengah hujan deras, dan petir menyambar. Dalam keadaan koma, dia ditarik sebuah kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz.

Jadilah ia diberkati kemampuan super. Mampu memancarkan gledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu pun memberinya kekuatan lari secepat angin.Sejak saat itu, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya terlihat mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.

Baca Juga: Sosok Gundala Jauh Dari Kesempurnaan Superhero

2. Godam Manusia Besi

Tokoh superhero ini dibuat oleh Wid NS. Komik pertama yang berjudul Mmeburu Doktor Setan dirilis pada 1969. Godam berasal dari dimensi lain. Negeri asalnya bernama Godam, dikuasai Ratu Candalani yang jahat. Orangtuanya ialah bangsawaan pemberontak yang ingin menggulingkan kekuasaan sang ratu.Karena diburu di negeri asalnya, Godam yang masih bayi dikirim ke bumi oleh kedua orangtuanya. Mereka ingin Godam selamat dan bisa melanjutkan pemberontakan suatu hari nanti.

3. Aquanus

Tokoh komik ini muncul satu tahun lebih tua dibanding Godam dan Gundala. Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy pada 1968.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest