Follow Us

Mau Sahur On The Road? Baca Pesan Dari Menteri Agama Dulu Yuk

iamalvin - Senin, 06 Juli 2015 | 06:42
Mau Sahur On The Road Baca Pesan Dari Menteri Agama Dulu Yuk
iamalvin

Mau Sahur On The Road Baca Pesan Dari Menteri Agama Dulu Yuk

Sahur on the road nggak dilarang kok. Asal tau aturannya. Masih mau sahur on the road? Baca pesan dari Menteri Agama dulu yuk..

Kalau dengar sahur on the road, mungkin beberapa dari kita malah ingat sama hal-hal buruknya. Beberapa hari lalu saja, ada perkelahian antar pemuda terjadi di Taman Suropati, Menteng, Jakarta, saat jam sahur.

"Tadi sih sebelumnya sepertinya ada yang dateng rombongan anak motor mau sahur on the road. Mereka mau sahur di Taman Suropati. Mungkin kayanya mereka berisik lalu adu mulut terus berkelahi," kata saksi mata di lokasi, Ayung kepada Kompas.com di Taman Suropati, Menteng, Jakarta, Minggu (28/6)

So, apa kata Menteri Agama kita? Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan agar sahur on the road atau sahur di jalan selama Ramadhan digelar dengan tertib. Ia juga mengingatkan agar makanan yang dibagi-bagikan tetap terjaga secara kualitas.

"Tentu dalam rangka bermaksud baik menyantuni kalangan yang kurang mampu itu, digelar sahur on the road. Namun, kualitas makanannya harus diperhatikan karena ada juga yang sudah basi atau kedaluwarsa, timbulkan penyakit," kata Lukman di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (17/5/2015).

Di samping itu, Lukman berharap agar kegiatan sahur on the road yang digelar nantinya tidak mengganggu arus lalu lintas. Harus ada niat baik bersama agar kegiatan ini tidak mengurangi kesucian bulan Ramadhan.

Lukman juga yakin, penyelenggaraan sahur on the road akan tertib sesuai dengan aturan. Mengenai kemungkinan organisasi kemasyarakatan (ormas) menggelar penertiban (sweeping) selama Ramadhan, Kemenag menyerahkan masalah ini kepada aparat penegak hukum.

"Ya, tentu Kemenag tidak dalam posisi menyikapi hal-hal seperti ini. Kami sebatas mengimbau. Kalau mengganggu ketertiban umum, tentu (itu wewenang) aparat yang berwenang," sambung Lukman.

Nah, kalau sahur on the road, jangan sampai merugikan orang lain, ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest