Follow Us

Yuk Ikutan Lari Trail di Gunung Manglayang!

- Rabu, 01 Juli 2015 | 05:23
Yuk Ikutan Lari Trail di Gunung Manglayang
Hai Online

Yuk Ikutan Lari Trail di Gunung Manglayang

Buat para penggemar lari trail, ini ada satu event lari di alam bernama Manglayang Trail Running (MTR) 2015. Acara ini merupakan kegiatan lomba lari yang terdiri atas beberapa kategori: 10K dan 21K yang menjadikan wilayah Gunung Manglayang Jatinangor dan sekitarnya sebagai lintasan.

Acara MTR merupakan hajatan dari teman-teman Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Palawa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Acara ini akan berlangsung pada 22 Agustus mendatang.

Ami Saragih, salah seorang panitia MTR 2015, bilang gunung Manglayang masih merupakan rangkaian Gunung Burangrang--Tangkuban Parahu serta Bukit Tunggul. Walaupun ketinggiannya hanya 1.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) gunung ini memiliki pemandangan yang indah, guys!

"Para penggiat lari trail dapat menikmati trek yang disiapkan dengan nyaman dan aman," kata Ami, yang juga punya pengalaman sebagai salah seorang pendaki perempuan yang tergabung dalam Equatorial Peaks for Lupus (E4L).

Karena letak Gunung Manglayang berada di "halaman" kampus Unpad Jatinangor, maka lintasan pertama lomba lari ini akan dimulai dari Kampus Unpad Jatinangor ke arah Baru Beureum, melalui Bumi Perkemahan Kiara Payung. Kemudian ke trek berupa punggung gunung yang menantang.

"Dengan dua puncak: Puncak Manglayang dan Puncak Bayangan, gunung ini elok dipandang dari bawah. Dari ketinggian Manglayang kita bisa melihat indahnya pemandangan kota Bandung, Sumedang dan wilayah sekitarnya," jelasnya lagi seperti yang HAI terima lewat pres rilis, Senin (29/6).

Lebi detail, untuk mendaki Gunung Manglayang, para penggiat alam bebas bisa memulai beberapa jalur seperti Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda (Kab. Bandung), Palintang (Ujung Berung, Kab. Bandung), Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor.

Yang seru, karena kawasan Gunung Manglayang dan sekelilingnya juga merupakan kawasan resapan air yang bernilai penting bagi masyarakat sekitar, sehingga upaya menghijaukan wilayah tersebut menjadi relevan makanya pada Manglayang Trail Running (MTR) ini peserta pun bakal diajak untuk turut terlibat dan berpartisipasi, antara lain melalui penanaman pohon.

Nah, untuk mencapai Gunung Manglayang sangat mudah, hanya sekitar 20 menit saja dari Bandung melalui jalan tol Padaleunyi. Peserta bisa mencapainya langsung dari Bandung maupun dari Jakarta melalui jalan tol tersebut, atau melalui jalan arteri lewat Ujung Berung.

Bemrinat ikut lari ini, silakan mendaftarkan diri secara online melalui situs http://manglayangtrailrunning.com. Atau melalui kontak panitia Muni: 085775673597, Rizki: 085624602560, Ami Saragih: 0811893151 atau email : manglayangtrail@gmail.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest