Follow Us

Teman Minjam Uang, Kasih Atau Enggak?

Ega Hai - Kamis, 26 Juni 2014 | 10:11
Teman Minjam Uang Kasih Atau Enggak
Ega Hai

Teman Minjam Uang Kasih Atau Enggak

Namanya teman, pinjam meminjam uang atau barang udah jadi hal yang lumrah. Tapi menurut beberapa ahli keuangan, pinjam meminjam uang antarteman bisa merusak hubungan persahabatan, lho. Kalau jumlah yang dipinjam nggak seberapa, emang nggak akan jadi masalah, tapi kalau jumlahnya besar?

Menurut George Anna, penulis buku sekaligus konsultan keuangan ada beberapa alasan yang membuat kita berpikir dua kali sebelum meminjam atau meminjamkan uang kepada teman.

1. Menaruh teman di posisi yang nggak enakTeman minjam uang masa ditolak sih? Padahal keuangan kita juga nggak bagus-bagus amat. Tapi gimana cara nagihnya ya? Pasti ada perasaan nggak enak.Sikon kayak gini pasti bakal nyusahin kita, dan juga teman yang minjam. Kita jadi dilema, antara kebutuhan pribadi dan rasa setia kawan. Sementara dia kesal karena udah dibikin pusing sama masalah ini.

2. Mengubah persepsi temanSiapa sih yang mau punya teman yang boros, nggak bertanggung jawab, ngegampangin duit dan berbagai hal buruk lainnya?Mungkin kita nggak punya sifat itu, tapi kalau kita begitu mudah meminjamkan uang sama teman, teman kita bisa jadi punya pandangan kayak gitu terhadap kita.

3. Bikin hubungan jadi nggak seimbangSadar atau nggak, posisi yang menghutangi akan jadi lebih tinggi dari yang meminjam. Kalau udah begini, jelas jadi serba nggak enak. Ngerasa punya hutang budi dan hutang uang.

Tapi balik lagi, itu cuma opini aja! Kalau teman kita minjem uang dengan alasan yang bisa diterima (misalnya untuk bayar uang sekolah) dan kita yakin dia bisa membayar tepat waktu kayaknya sih nggak masalah.

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest