Follow Us

Memaafkan Bikin Badan Sehat

Ega Hai - Jumat, 20 Juni 2014 | 09:06
Memaafkan Bikin Badan Sehat
Ega Hai

Memaafkan Bikin Badan Sehat

Kita semua pasti udah tau kalau memafkan itu punya banyak manfaat baik. Bukan hanya memuluskan hubungan pertemanan dan mempererat silaturahmi, memaafkan kesalahan orang lain bisa bikin hidup kita tenang. Ditambah, ada keuntungan lain yang kita dapat, tubuh sehat. Kok bisa?

Para peneluiti di University of Tennessee-Knoxville pernah melakukan eksperimen untuk membuktikan adanya hubungan antara forgiveness dengan kesehatan tubuh. Penelitian ini melibatkan sekitar 80 responden yang mengaku sedang memendam amarah pada seseorang.

Hasilnya, responden yang akhirnya memaafkan kesalahan orang lain, menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam tubuhnya. Tekanan darah menurun, kecepatan detak jantung menurun, dan tingkat stress pun ikut menurun. Hal-hal ini otomatis membuat kondisi fisik dan mental jadi lebih rileks, karena saat kita menyimpan amarah dan dendam pada seseorang, otot-otot tubuh kita secara nggak sadar akan menegang.

Memaafkan juga bkin rasa grogi alias nervous jadi jauh berkurang. Ini adalah efek dari menurunnya kecepatan dekat jantung. Secara mental, orang-orang yang dulunya pesimis juga akan berubah jadi lebih optimis kalau udah memaafkan. Pasalnya, melepaskan perasaan buruk dari dalam hati ternyata bikin kita jadi lebih hopefull dan berpikiran postif.

Tapi yang perlu diingat: efek positif buat tubuh kita ini terjadi kalau kita benar-benar udah memaafkan dengan sepenuh hati. Bukan sekedar ngomong, "iya gue maafin". Padahal sebenarnya masih jengkel ngedumel di dalam hati, itu mah nyimpen penyakit!

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest