Follow Us

Rumah Anti Banjir

Adhie Sathya - Jumat, 16 Januari 2015 | 08:53
Rumah Anti Banjir
Adhie Sathya

Rumah Anti Banjir

Rumah anti banjir, emangnya ada ya?

Banjir yang sering melanda Jakarta nampaknya menjadi masalah serius setiap musim penghujan datang. Pasalnya, karena banjir ini, nggak sedikit orang-orang yang rumahnya kebanjiran dan penghuninya harus dievakuasi ke dataran atau tempat yang lebih tinggi, yang nggak terkena banjir.

Masih ingat dengan banjir di Jakarta yang terjadi pada pertengahan Januari 2013 lalu? Karena banjir tersebut, Jakarta sempat dinyatakan dalam keadaan darurat! Saat itu, menurut perkiraan Jokowi, banjir tersebut telah menyebabkan kerugian hingga Rp 20 Triliun.

Nggak cuma itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan jumlah korban yang tercatat selama banjir pada tanggal 18 Januari 2013, mencapai 12 orang. Lantas, bagaimana mengatasi banjir yang terus ada di tiap tahunnya?

Banyak cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah mengakali rumah yang terdapat di daerah rawan banjir (dekat pinggiran sungai) dengan menaikkan rumah tersebut.

Ternyata, hal tersebut sudah dilakukan oleh warga di ranah Britania Raya. Mereka berhasil membuat sebuah rumah yang tahan dengan banjir. Rumah tersebut dikenal dengan sebutan rumah Amphibi. Yap, rumah ini memiliki kesamaan dengan hewan amphibi yang mampu hidup di dua alam, darat dan air.

Seperti yang dilansir oleh Dailymail, kalangan arsitek yang tergabung dalam Asosiasi Arsitek Inggris, berhasil menciptakan rumah keluarga yang tahan terhadap banjir di atas sungai Thames, Inggris. Kumpulan arsitek tersebut mengklaim bahwa rumah amphibi yang mereka ciptakan mampu mengikuti ketinggian arus air.

Bagaimana rumah Amphibi ini bekerja? Ini dia caranya! Check this out!

Editor : Adhie Sathya

Latest