Follow Us

Cara Meraih Sukses di Usia Muda

Ega Hai - Jumat, 13 Juni 2014 | 07:00
Cara Meraih Sukses di Usia Muda
Ega Hai

Cara Meraih Sukses di Usia Muda

Nggak harus nunggu dewasa buat sukses. Justru di masa remaja kayak kita gini adalah golden age, kita bisa meraih apa yang kita impikan di usia muda. Kenapa? karena di masa remaja lah seseorang berada di puncak produktivitasnya.

Menurut psikolog Rose Mini, ada beberapa alesan kenapa di saat masa remaja disebut sebagai golden age. Pertama, karena energi yang dimiliki oleh seorang remaja sangat besar. Jauh lebih besar dibandingkan ketika masa kanak-kanak dan masa dewasa. Energi yang besar ini jelas menyulut semangat kita jadi lebih besar dan pergerakan kita jadi lebih gesit.

Kedua, karena di saat masa remaja seseorang belum memiliki tanggung jawab sebesar tanggung jawab orang dewasa. Misalnya tanggung jawab mencari nafkah dan lain-lain, sehingga beban pikiran belum banyak. Ketiga, kepercayaan yang diberikan orangtua biasanya jauh lebih besar dibandingkan ketika kita masih anak-anak, walau emang belum sebesar kepercayaan yang diberikan ketika udah dewasa, sih.

Nah, kita pun jadi lebih bebas berkspresi dan berksperimen. Dapat ide ini, terus pengen dicoba aja! Berhasil syukur, gagal nothing to lose.

Masih bingung? Simak nih cara biar kita bisa jadi golden boy di golden age ini!

1. Kenali diri dulu!Orang bisa sukses dan percaya diri melakukan sesuatu karena udah mengenali dirinya sendiri. Tau apa kelebihannya, tau di mana kekurangannya, dan tau keinginan serta harapannya.2. FokusSaat remaja emang lagi suka mencoba banyak hal. Itu nggak salah, malah bagus buat nambah wawasan. Tapi dari sekian banyak hal yang dicoba, seseorang jga harus memeilih mana yang mau di seriusin. Kalau nggak, nggak akan bisa jadi apa-apa.3. KuatKalau mau meraih sukses pasti jalan nggak selalu mulus. Jatuh-bangun biasa. Kalau nggak kuat, begitu jatuh nggak bisa bangun lagi dong?4. Tebar jaringan Perluas pertemanan akan membuka banyak link, menderaskan keran informasi, sekaligus memberi banyak pelajaran berharga agar kita bisa lebih menghargai arti proses serta keberhasilan.

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest