Follow Us

Bikin Study Tour Sendiri, Yuk!

Rian Sidik (old) - Rabu, 18 September 2013 | 04:58
Bikin Study Tour Sendiri Yuk
Rian Sidik (old)

Bikin Study Tour Sendiri Yuk

Saat ini untuk membuat study tour berjalan mulus nggak semudah dulu. Apalagi bagi kita yang ada di sekolah negeri. Kebijakan tentang sekolah gratis, ternyata juga membawa sedikit efek negatif, salah satunya mengenai study tour.

Saat ini sekolah negeri nggak boleh menarik biaya apapun dari para siswanya, sehingga otomatis pihak sekolah nggak memiliki budget untuk mensupport biaya study tour. Oleh karena itu, kita sebagai siswa harus bisa mempunyai inisiatif sendiri untuk menyelenggarakan study tour.

"Nah, pengalaman gue ikut study tour yang diadain sekolah gue ke Bali -Jogja dulu, kami harus mengeluarkan budget kurang lebih Rp1,8 Juta! Dengan biaya tersebut, banyak teman-teman gue yang nggak ikut dengan alasan harus nabung untuk kuliah dan keperluan lainnya. Jadi, mending sekarang kaya adek-adek kelas gue. Biaya sekolah gratis, tapi kalau mau mereka tetap bisa study tour dengan cara menabung bersama satu angkatan. Nah kan dengan nabung ini, kita bisa lebih menghargai uang. Jadi pergi study tournya lebih bermakna," cerita Eka, dari SMAN 113 Jakarta.

"Masalah study tour sih tergantung dari kita sebagai siswa, dengan guru atau penyelenggara, harus ada kekompakan antara kedua biar sekolah bisa fasilitasin juga," kata Ghaniy, dari SMAI Al-Azhar Pusat 3 Jakarta.

Nah, sudah berani merancang study tour kalian sendiri?

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest