Follow Us

Nggak Ada Lagi Gembok Cinta di Jembatan Paris, Gantinya Seni Jalanan Romantis

- Jumat, 12 Juni 2015 | 07:59
Nggak Ada Lagi Gembok Cinta di Jembatan Paris Gantinya Seni Jalanan Romantis
Hai Online

Nggak Ada Lagi Gembok Cinta di Jembatan Paris Gantinya Seni Jalanan Romantis

Yang sampai hari ini belum menginjakkan kaki ke Paris, sayang sekali nih guys! Ada info terbaru kalau sekarang, udah nggak ada lagi Gembok Cinta di Jembatan Paris, gantinya seni jalanan romantis.

Yap, mulai pekan lalu, papan-papan seni jalanan telah dipasang di Pont des Arts di Kota Paris. Mereka menggantikan ratusan ribu "gembok cinta" yang sempat membebani pagar jembatan tersebut sebelum dibuang oleh pemerintah kota pada pekan lalu.

Papan pameran sementara ini bertema cinta dan dikumpulkan oleh pemilik galeri Paris, Mehdi Ben Cheikh. Pameran ini dimaksudkan untuk menutupi pagar dan menyediakan hiburan alternatif bagi pasangan romantis walaupun tidak bisa lagi mengabadikan cinta mereka dengan meletakkan gembok cinta dan membuang kuncinya ke Sungai Seine.

Di antara karya-karya tersebut ada salah satu karya dari seorang seniman jalanan Perancis berdarah Tunisia, eL Seed yang cukup menarik perhatian karena keahliannya mencampur kaligrafi Arab dan graffiti yang disebut dengan "calligrafitti."

Hasil karyanya, yang menggunakan huruf Arab berwarna pink, adalah sebuah quote atau kutipan dari "Le Pere Goriot" yang ditulis oleh Honore de Balzac pada abad ke-19. Artinya "Paris adalah sebuah: Anda dapat mengira-ngira tapi tidak akan tahun seberapa dalamnya."

"Saya pikir karyanya sangat berani... meletakan kalimat berbahasa Arab di Paris," kata Cheikh. "Bahasa Arab bukan hanya bahasa teroris, tapi bahasa yang digunakan orang di seluruh dunia...orang yang terbuka, dengan dimensi spiritual dalam agama mereka."

Seniman eL Seed, lahir di sebuah kota di pinggiran kota Paris dan lahir dari orangtua yang berkebangsaan Tunisia. Seniman satu ini dikenal karena pernah mendesain sebuah menara adzan dengan ketinggian 47 meter di masjid Jara yang terletak di kota Gabes, sebelah selatan Tunisia. Di samping papan karyanya juga ada karya-karya bertemakan cinta milik seniman jalanan Brusk, Pantonio, dan Jace.

Nantinya, panel graffiti tersebut akan digantikan dengan plexiglass pada akhir tahun ini.

Hmm mungkin jelang ramadhan juga kali ya?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest