Follow Us

Jangan Asal Panas-panasan, Pakai Sunblock!

- Kamis, 04 Juni 2015 | 04:08
Jangan Asal Panas panasan Pakai Sunblock
Hai Online

Jangan Asal Panas panasan Pakai Sunblock

Tinggal di Indonesia, matahari memang udah jadi "teman" kita sehari-hari. Maklum deh, sebagai negara tropis, sinar matahari memang sepanjang tahun ada di sini. Nah, mumpung sebentar lagi liburan, yuk siap-siap "temenan" sama matahari! Tapi jangan asal panas-panasan, ini pakai sunblock!

Sudah punya rencana apa liburan ini? Main di pantai, diving di laut, atau malah berencana naik gunung? Apapun rencananya, selama aktivitasnya dilakukan di ruangan, jangan lupa perlindungan buat kulit kita. Iya! Jangan kira yang kulitnya perlu dijaga itu cuma cewek doang. Cowok juga perlu. Soalnya, kulit yang sekarang nempel di tubuh kita, adalah kulit yang bakal nemenin kita sampai tua.

Sebelum itu, penting juga kita kenalan sama Si Matahari. Ada 2 jenis sinar Matahari yang sampai ke Bumi. Namanya sinar UV (ultraviolet) A dan UV B. Masing-masing sinar ini punya efek terhadap kulit kita. Sinar UVA merupakan sinar yang paling banyak masuk ke Bumi (98 persen). Sinar ini bisa menembus ke dalam kulit dan merusak jaringan kolagen dan bikin kulit jadi lebih cepat tua. Sedangkan kalau terpapar sinar UVB, meskipun jumlahnya sedikit, bisa bikin kulit memerah, terbakar, bahkan hingga terkelupas. Kedua sinar ini juga bisa memicu kanker kulit, dan kerusakan pada mata.

Oh ya. Jangan kira sinar UV ini bahayanya cuma kalau kita lagi berjemur di pantai. Karena di daerah yang dingin seperti pegunungan, efeknya juga tetap sama. Bahkan, di dalam ruangan atau mobil pun, sinar UV masih bisa menembus masuk. Baca: Cara Memakai Sunblock

Maka, buat yang liburan nanti bakalan lebih banyak berkegiatan di luar ruangan, jangan lupa buat berbekal dan pakai tabir surya. Berikut ini beberapa info tentang pelindung kulit ini:

o Di botol atau kemasan tabir surya, biasanya tercantum keterangan SPF (Sunburn Protection Factor). Ada banyak pilihan, mulai dari SPF 15, 30,bahkan sampai 50. Tapi, SPF ini kebanyakan hanya menghalau sinar UVB. Biar lebih aman cari yang juga mengandung anti UVB.

o Kalau tertera tulisan PA (protection grade of UVA), pilih paling nggak yang mencantumkan PA+++.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest