Follow Us

Generasi Muda Butuh Kondom Nggak, Sih?

- Jumat, 15 November 2013 | 07:44
Generasi Muda Butuh Kondom Nggak Sih
Hai Online

Generasi Muda Butuh Kondom Nggak Sih

Banyaknya kasus asusila yang terjadi di lingkungan remaja belakangan ini, membuktikan kalau aktivitas sexual sebenarnya sudah banyak dikenal oleh beberapa teman kita di luar sana. Meski bukan berarti kalau semua generasi muda pernah melakukannya, mengenal satu alat pencegahan penularan HIV ternyata penting dimiliki oleh kita.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, Kemal Siregar. Dalam rangka menyambut Pekan Kondom Nasional alias National Condom Week 2013, katanya nggak ada salahnya kalau kita mengenal alat kontrasepsi ini, yaitu kondom.

"Remaja atau generasi muda, ada yang sudah masuk ke dalam kelompok rentan, pengenalan ini penting, karena mereka yang sudah mengenal aktivitas sexual sudah harus tahu kalau kondom bisa melindungi mereka dari transmisi virus melalui hubungan sexual," katanya saat menggelar konferensi pers, National Condom Week tahun ketujuh, Kamis (14/11) kemarin.

Tapi, dr. Kemal menyarankan, sebaiknya generasi muda seperti kita lebih fokus mengenal keutamaan edukasi sex dan pencegahan HIV dan AIDS lebih dulu, sebab bagian ini lebih utama dan penting dari pada sekadar alat kontrasepsi.

"Edukasi secara terus menerus, itu lebih penting, dan paling ampuh mencegah perbuatan asusila dan bahkan penyebaran virus HIV/AIDS. Jadi, nanti jika ada yang mau atau mengajak melakukan hubungan sexual, dia malah sudah akan bisa melindungi diri sendiri, dan pasangan atau pacarnya," ungkap

Di usia remaja juga, menurut dr Kemal, kita perlu mewaspadai risiko tertularnya HIV, dan keinginan berhubungan sexual dengan cara menjauhi narkoba. Alasannya, narkoba bisa jadi penyebab hancurnya hidup kita.

"Kelompok remaja yang meggunakan narkoba rentan terkena HIV, karena ada rangsangan tinggi untuk melakukan hubungan sex yang berisiko, sehingga mudah sekali bagi mereka terjerumus di dalamnya," ungkapnya lagi.

Makanya, dr. Kemal bersama Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) mengajak kita untuk ABAT alias Aku Bangga Aku Tahu, itu adalah program KPAN untuk mengedukasi anak muda seperti kita agar mau membekali diri dengan pengetahuan soal HIV/AIDS sejak dini.

Jadi, saat ini fokus untuk tahu aja dulu kapan pekan kondom nasional digelar? Jawabannya, 1-7 Desember 2013. Kegiatan ini berupa kampanye edukasi kondom yang dilakukan di 12 kota besar di seluruh Indonesia, khususnya didaerah yang berisiko tinggi terhadap kegiatan sexual seperti di pangkalan truk, pelabuhan, dan lokalisasi dengan membagikan materi tentang HIV dan AIDS, kondom, serta informasi sex aman.

Kalian nggak nongkrong di sekitar situ kan? Jadi, belum saatnya butuh kondom.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest