Follow Us

Sayang Hewan Peliharaan, Sayangi Juga Diri Kalian!

- Senin, 29 September 2014 | 08:52
Sayang Hewan Peliharaan Sayangi Juga Diri Kalian
Hai Online

Sayang Hewan Peliharaan Sayangi Juga Diri Kalian

Senang dan sayang sama hewan peliharaan di rumah? Maka sayangi juga diri kita biar selamat dari persebaran virus rabies. Iya, virus yang biasa ditularkan melalui gigitan, cakaran, maupun jilatan hewan peliharaan yang positif rabies, seperti anjing, kucing, dan atau monyet.

"Karena hampir setiap orang yang terkena penyakit ini, nyawanya bakal melayang dan kemungkinan besar bakal kembali 'pulang'," itu kata dr. Helena Rahayu, Chief Market Access and Governement Affairs Officer, PT Novartis Indonesia di acara peringatan Hari Rabies se-Dunia, Minggu (28/9) kemarin.

Merasa kalau rabies termasuk penyakit yang sering terabaikan banyak orang, terutama pemilik hewan peliharaan, pihaknya pun bekerjasama dengan PemProv DKI dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengupayakan edukasi dan kesadaran akan penyakit ini buat masyarakat. Mereka kompak ingin Indonesia Bebas Rabies pada 2020. "Kalian boleh memiliki hewan, tapi jangan lupa untuk mau menyuntikkan vaksinnya, bukan cuma buat hewan tapi juga untuk manusianya," saran Helena percaya kalau penyakit menular ini bisa dicegah sampai dengan 100 persen, asalkan kita mau peduli.

"Minimal dua kali vaksin dengan jeda penyuntikan dua bulan. Itu untuk perlindungan 5 tahun lho," ucapnya ingin data korban jiwa rabies semakin menurun.

Data 2013, setidaknya ada sekitar 65.097 orang kena kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR), dan korbannya udah mencapai 117 korban jiwa. Tapi angka ini mengalami penurunan karena beberapa sadar akan vaksin ini.

Nah, buat yang nggak mau ribet atau merasa sulit mendapatkan informasi soal vaksinasi rabies, Helena menyarankan pemilik hewan bisa bergabung dengan komunitas pecinta hewan lainnya, nanti bisa ikut penyuntikan massal di komunitas tersebut.

Kegiatan ini didukung lho sama Wagub DKI Jakarta, Ahok, dimana dia menyarankan acara ini sebaiknya nggak cuma sekali digelar, biar orang-orang pun makin sadar akan perlindungan diri dari penyakit menular ini.

Kalian suka bergaul dengan hewan peliharaan, lebih baik ikut vaksinasinya deh!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest