Follow Us

Sepatu Anti Kekerasan Seksual

- Kamis, 16 Mei 2013 | 09:46
Sepatu Anti Kekerasan Seksual
Hai Online

Sepatu Anti Kekerasan Seksual

Belakangan, kasus kekerasan seksual remaja marak diberitakan media. Sebagai anak bangsa yang cerdas, cowok ini nggak cuma sekadar baca berita dan nonton begitu saja. Ia berfikir keras, bagaimana caranya menyelamatkan cewek-cewek korban atau pun calon korban pelecehan dan kekerasan seksual.

Adalah Hibrar Syahrul Gafur, warga dari SMPN 1 Bogor yang dengan niatan tulusnya mencoba membantu para cewek untuk melindungi dirinya, ia pun menciptakan inovasi yang membanggakan bangsa Indonesia, yaitu "Sepatu Anti Kekerasan Seksual". Sepatu ini bisa mengeluarkan sengatan listrik, kendalinya ada pada si pemakai Sepatu dengan harga 1,3 juta ini.

"Sepatu ini memang masih banyak membutuhkan pengembangan. Sebenarnya bisa lebih murah, karena harga sepatunya saja cuma berkisar 300 ribuan dan membutuhkan dua buah raket listrik nyamuk yang nantinya dipasang dalam sepatu, tapi karena kemarin dengan sedikit banyak percobaan jadi total budget yang dikeluarkan ya sekian," ungkap guru pembimbing hibrar seperti dilansir media jurnalisme warga Kompasiana.com, Kamis (16/5).

Sepatu anti kekerasan seksual ini sempat iktv dalam beberapa pameran. Terakhir hasil karya cowok berusia 14 tahun dilombakan dalam kompetisi internasional IEYI di Malaysia. Kata Hibrar, karya mulianya itu sempat diejek, tapi hal itu nggak membuatnya menyerah atau balik ke Indonesia tanpa membawa manfaat apapun.

"Ini karya apa? Orang Indonesia nggak ada apa-apanya, kalah sama Malaysia," ujar Hibar menirukan ucapan pengunjung tersebut yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Mendapati hasil karyanya tidak dihargai, Hibar kecewa dan sedih, bahkan sempat menangis.

Tapi Hibar nggak menyangka, kerja kerasnya itu meraih medali emas untuk kategori Safety and Health. "Ya, rasanya tidak menyangka aja, rasanya terbayarkan, rasa kecewa karena sempat diolok-olok pengunjung, justru malah dapat emas," katanya bersyukur.

Wah, Hibar hebat ya. Kalo sepatunya udah jadi, bisa nih buat ngasih kado ke cewek kita! Jadi kalau lagi nggak kencan, cewek kita tetap aman, bro!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest