Follow Us

Hai

/

Art

Cerita Pemotretan Cover Album The Beatles, Abbey Road

iamalvin - Senin, 09 Februari 2015 | 09:04
Cerita Pemotretan Cover Album The Beatles Abbey Road
iamalvin

Cerita Pemotretan Cover Album The Beatles Abbey Road

Salah satu cover album paling legendaris adalah Abbey Road, dari The Beatles. Pemotretan cover album Abbey Road dari Beatles ini dipimpin oleh Iain Macmillan, dan punya cerita yang sangat menarik. Bisa dibilang, foto itu juga salah satu foto yang paling dikenal sepanjang sejarah.

Iain Macmillan adalah seorang freelance fotografer dan teman John Lennon dan Yoko Ono. Untuk membuat karya legendaris itu, Iain menggunakan kamera Hasselblad dengan 50mm wide-angle lens, aperture f22, 1/500 seconds.

Paul McCartney memberikan sedikit gambaran cover kepada Iain. Lalu, Iain menambahkan beberapa detail. Untuk mendapatkan foto seperti itu, seorang polisi mengatur lalu lintas di sekitar Abbey Road studio, dan Iain berdiri di tangga yang diletakkan di tengah jalan, mengambil enam jepretan saat John Lennon dkk berjalan melintasi zebra cross di luar studio. Polisi telah mengatur lalu lintas sejak satu jam sebelum photoshoot, supaya para fans Beatles nggak tau.

VW Beetle yang kita lihat, sebenarnya nggak direncanakan untuk difoto. "Mobil itu udah ada di sana. Mobil itu ditinggalkan di sana oleh seseorang untuk liburan. Seorang polisi mencoba untuk memindahkannya, tapi ia tidak bisa," ucap Iain.

Pada hari itu, cuaca di London sangat panas. Dari 6 jepretan, terlihat 4 foto di mana Paul McCartney bertelanjang kaki. Sementara dua lainnya cuma pake sendal.

Dari 6 foto itu, Paul McCartney memilih foto yang kelima dan voila, itulah foto cover Abbey Road yang sering kita lihat sekarang ini. Foto tersebut juga sering direka ulang oleh para turis atau bahkan musisi lain, dan juga jadi salah satu peninggalan budaya populer paling berpengaruh.

Simak inspirasi fotografi lainnya dalam #LOVE2SHOOT

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Komunitas Lubang Jarum Indonesia: Bukan Anti Digital

4 Cara Selfie Paling Oke

Kisah Foto Cover Album Nirvana, Nevermind

Tongkat Pusaka Pangeran Diponegoro Dikembalikan Belanda ke Indonesia

Di Balik Foto Cover Album Blink-182, Enema of the State

PROMOTED CONTENT

Latest

Berapa Banyak Minum Kopi dalam Sehari yang Aman untuk Saraf dan Hati?
Dosen Psikologi UNS: Nggak Cuma Pas Sukses, Gagal Juga Harus Dirayakan
Begini Tips Mengetahui Kalo Skincare Yang Lo Pake Udah Cocok atau Belum
Cara Bikin Hubungan Berkualitas dengan Love Language Quality Time!

Popular

Hot Topic

Tag Popular