Follow Us

Wah, Check Up Mental Ternyata Perlu!

- Rabu, 25 Februari 2015 | 05:28
Wah Check Up Mental Ternyata Perlu
Hai Online

Wah Check Up Mental Ternyata Perlu

Guys, sekarang ini, untuk alasan kesehatan, yang namanya check up kerap dijalankan. nggak peduli umur. Mau tua atau muda, semua pasti sibuk ke lab. Mereka Check up untuk nge-check fungsi organ.

Dari kebiasaan check up ini, banyak sekali manfaat yang didapat. Kita jadi lebih tahu bagaimana keadaan kesehatan kita. Kita bisa mengubah gaya hidup, agar kesehatan fisik kita terjaga.

Tapi, apakah itu cukup? Ternyata nggak, tuh. Karena dalam hidup ini, enggak semuanya tergantung masalah fisik. Selain urusan fisik, masih ada juga urusan mental, atau dalam istilah kesehatan, disebut urusan kejiwaan. Selain memiliki fisik yang kuat, kita perlu juga punya jiwa yang sehat.

Hal inilah yang sering sekali dilupakan orang-orang. Maklum, kebanyakan berpendapat kalau yang namanya jiwa atau mental, bakal sehat-sehat terus dan jarang terganggu. Padahal, kenyataannya, yang namanya jiwa itu yang paling sering terganggu.

Ambil contoh. Saat diputusin pacar. Kita bisa merasa sedih dan galau terus rasanya nggak enak mau ngapa-ngapain. Padahal, nggak ada rasa sakit fisik yang dirasakan.

Nah, inilah yang masuk kategori sakit mental. "Jiwa" kita jadi terganggu, dan kadang-kadang bisa terbawa hingga masalah fisik. Males makan bikin lambung sakit, dan kerja hormon jadi nggak maksimal karena otak mendapatkan tekanan.

So, penyakit mental atau jiwa, enggak selamanya identik dengan gila dan sejenisnya. Sakit mental ringan bahkan tanpa disadari, sudah jadi santapan kita sehari-hari.

Sadar banyak yang alergi sama urusan kejiwaan, Indonesia Mentality Care lahir. Komunitas yang amat peduli dengan kesehatan mental bangsa Indonesia ini berdiri sejak tahun 2013. Digagas oleh Dr. Rama Giovanni, Spkj sebagai founder dan Ade Binarko ( aktivis sosial & media ) serta dibantu Dr. Noki Irawan Saputra, SpKj dan Dr. Anindita sebagai co-founder.

Empat sekawan ini sepakat untuk membangun suatu komunitas yang bertujuan membantu serta mengedukasi masyarakat dalam menangani masalah psikologis, termasuk pasien-pasien serta komunitas penderita gangguan kesehatan mental ringan hingga berat. Mulai dari stres, depresi, trauma gangguan kecemasan, bipolar, hingga masalah kronis seperti Schizophrenia.

Buat menjawab permasalahan itu, Indonesia Mentality Care Community (IMC) mencoba untuk jemput bola. Membuka banyak booth di berbagai festival, dan mengajak orang-orang buat ngikutin check up mental. Mendeteksi masalah kejiwaan yang kita alami, secara gratis.

"Dengan check up mental, kami ingin membantu orang-orang yang bermasalah untuk mengetahui apa masalahnya. Dan bisa memberikan jalan keluar yang baik untuk yang bermasalah," ucap Ade Binarko, serius.

Program check up mental ini, diharapkan bisa membuat orang-orang lebih familiar dengan masalah kejiwaan. Dan tahu harus bagaimana saat mengalaminya.

"Selain program check up mental, kami juga membuka channel telepon online. Sehingga, kalau ada orang yang merasa perlu curhat, bisa kami bantu," tambah Dr. Rama.

Tertarik buat cari tahu lebih banyak soal kesehatan mental? Cek deh website Indonesia Mental Care Community di www.indonesiamentalcare.org.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest