Follow Us

Anies Baswedan: Pendekatan UN Nggak Sesuai dengan Cita-cita Pendidikan Nasional

- Selasa, 07 Mei 2013 | 12:01
Anies Baswedan Pendekatan UN Nggak Sesuai dengan Cita cita Pendidikan Nasional
Hai Online

Anies Baswedan Pendekatan UN Nggak Sesuai dengan Cita cita Pendidikan Nasional

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan berpendapat, sistem Ujian Nasional (UN) harus diperbaiki. Pasalnya Ujian Nasional itu menimbulkan insentif tidak jujur.

"Saat ini orang-orang pada takut tidak lulus. Bila jumlah lulusnya nggak banyak malah anak mendapat hukuman. Jadi akhirnya nggak ada insentif untuk jujur," kata Anies, Jumat, (19/4).

Menurutnya perbaikan itu nggak bisa sedikit, tidak hanya soal kejujuran yang diperbaiki, soal materi, dan distribusi. Namun sistemnya yang diperbaiki. Anies mengungkapkan, Bahwa UN harus sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional, yakni menghasilkan anak-anak yang berakhlak dan berkarakter. Sementara UN tersebut belum konsisten dengan cita-cita itu.

"Jadi harus punya keberanian untuk melihat ulang apakah pendekatan UN yang dilakukan sekarang telah sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional? Kalau tidak hapus saja," kata Anies. Yang lebih menginginkan pendidikan fokus bukan pada ujungnya, namun pada prosesnya. Sehingga ketika hasil UN rendah maka bukan hukuman tidak lulus, namun ada program penguatan dari system pemerintahan.

Ingin tahu secara lengkapParade Menolak UN, dan para tokoh yang teriak tolak UN juga, simak HAI edisi XXVII/18/2013 halaman#GugatUjianNasional!Terbit tiap Senin, dan hangat mulai tanggal 6-12 Mei 2013 mendatang. Tetap semangat belajar!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest