Follow Us

Ditonton 3 Juta Lebih Penonton, Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Oscar 2023

Al Sobry - Rabu, 14 September 2022 | 07:01
Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Oscar 2023

Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Oscar 2023

HAI-Online.com - Judul 'Ngeri-Ngeri Sedap' berhasil terpilih menjadi film yang mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang seleksi Oscar 2023.

Film bergenre komedi ini bakal diajukan untuk masuk ke dalam kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award), si mana pengumumannya bakal digelar Academy Awards ke-95 pada acara Oscar 2023 yang diadakan pada 12 Maret tahun depan.

"Ngeri - Ngeri Sedap" menjadi film kedua bergenre komedi dari Indonesia yang dipilih Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Komite di Indonesia ini beranggotakan sembilan tokoh perfilman lokal yakni Deddy Mizwar sebagai ketua, Zairin Zain selaku sekretaris, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi sebagai anggotanya.

Baca Juga: Trailer Dokumenter J.Lo ‘Halftime’ Dirilis, Tayang Juni di Netflix

Untuk memilih film yang bakal berkompetisi di Oscar nanyi, komite menayangkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin (12/9) pagi hingga petang.

Komite juga bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan.

Setelah melalui diskusi, untuk tahun ini dipilihlah "Ngeri-Ngeri Sedap" yang dinilai mampu bersaing dengan film negara lain di Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar, dikutip dari Antara.

Setiap tahun Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-inggris.

Tahun lalu, "Yuni" menjadi film yang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar tahun lalu. Namun, film ini masih belum menyabet pialanya.

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987 dengan film "Nagabonar".

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest