Follow Us

Ramai Lagi Bensin Pertalite Dicampur Aditif Minyak Kayu Putih, Ahli Jelaskan Risikonya

Al Sobry - Senin, 05 September 2022 | 06:09
Antre bensin pertalite
KOMPAS

Antre bensin pertalite

"Minyak kayu putih memang sudah lama memiliki isu meningkatkan oktan dan bikin irit, tapi karakternya yang kesat berpotensi mengurangi lubricity bahan bakar," ujar Profesor yang akrab disapa Yus, seperti dikutip dari GridOto.

Yus menilai campuran bensin dan minyak kayu putih ini sebenarnya cuma memberikan efek sesaat bagi kendaraan.

"Sebenarnya efeknya kecil, jadi orang itu hanya tersugesti bahwa saya menggunakan itu (minyak kayu putih) menjadi lebih enak," katanya lagi.

Yus juga membeberkan bahwa untuk membuktikan bahwa campuran minyak kayu putih akan bisa meningkatkan performa dan bikin irit BBM, perlu ada lagi penelitian jangka panjangnya.

"Saya cari belum ada penelitian (detail) itu untuk jarak tempuh panjang, jadi paling tidak (dilihat dari) tiga kali penggantian oli," ungkap Yus.

Dijelaskannya, apabila setelah e kalinrutin mrngganti oli mesin baik-baik saja maka egek tambahan aditif minyak kayu putih bisa saja terjadi.

"Namun apakah dalam jangka panjang akan irit terus, belum tentu? Kalo mau tahu efeknya menyebabkan keausan apa tidak pada mesin, buktikan setelah tiga kali ganti oli kalo turun (waktu ganti lebih cepat) artinya mesin kendaraan kita lebih cepat aus," pungkasnya. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular