Follow Us

Tertarik Kuliah Jurusan Arsitektur? Dosen UM Surabaya: 5 Hal Yang Harus Lo Tahu Sebelum Masuk Jurusan Ini!

Tanya Audriatika - Senin, 01 Agustus 2022 | 18:15
ilustrasi mahasiswa arsitektur.
Shutterstock

ilustrasi mahasiswa arsitektur.

HAI-Online.com - Dosen Fakultas Teknik (FT) Prodi Arsitektur Universitas Muhammaadiyah (UM) Surabaya, Fibria Conytin Nugrahini menyebutkan, ada 5 hal yang perlu diketahui sebelum masuk jurusan arsitektur.

Kelima hal tersebut, udah HAI rangkum dari laman UM Surabaya:

  1. Jurusan ini mengolah kemampuan psikomotorik mahasiswa
Fibri menjelaskan, kalau jurusan arsitektur ini mengolah secara intensif kemampuan psikomotorik mahasiswanya.

Di jurusan arsitektur ini, kemampuan psikomotorik atau keterampilan yang membutuhkan kemampuan fisik sangat dibutuhkan.

“Artinya, kalau ingin jadi seorang mahasiswa arsitektur, harus kuat fisik. Di sini dibutuhkan keterampilan tangan dalam menampilkan sebuah karya dwimatra, maupun trimatra,” terang Fibri.

Dengan pengolahan tersebut, diharapkan mahasiswa bisa memahami unsur dasar dalam estetika, dimana kemampuan ini bisa digunakan agar desainnya naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cilincing Flood Resilient Housing, Konsep Rumah Terapung Mahasiswa Arsitektur ITB, Bisa Jadi Solusi Banjir Jakarta!

  1. Belajarnya berbasis kegiatan studio dan workshop
Studio adalah kegiatan mengerjakan tugas terstruktur dengan konsultasi dengan dosen pembimbing.

Contoh pengerjaan tugas di studio ada di mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur dan 1 sampai 5 (tergantung kurikulumnya). Dari bangunan rumah tinggal sampai bangunan tinggi dan kompleks.

Sedangkan workshop untuk tugas berupa karya 3D seperti maket maupun pengolahan dan keterampilan trimatara dan aplikasi bahan bangunan.

  1. Sudah terbiasa lembur
Menurut Fibri, mahasiswa harus selalu siap melakukan lembur untuk menyelesaikan tugasnya, baik tugas studio, gambar teknik manual, 3D digital, maupun mengerjakan maket.

Menurut Indiana University's National 2016 Study of Student Engagement (NSSE), mahasiswa arsitektur menggunakan waktunya dalam belajar dan mengerjakan tugas lebih banyak daripada bidang ilmu lainnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest