Follow Us

Pertama di Indonesia, Universitas Budi Luhur Buka Prodi S1 Manajemen Bencana

Tanya Audriatika - Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:35
Universitas Budi Luhur membuka program studi (Prodi) Studi Manajemen Bencana (S1).
DOK. Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur membuka program studi (Prodi) Studi Manajemen Bencana (S1).

HAI-Online.com - Universitas Budi Luhur resmikan program studi (prodi) S1 pertama di Indonesia di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), yakni Manajemen Bencana.

Kepala LLDIKTI III, Dr. Paristiyanti Nurwardani, mengungkapkan rasa bersyukur atas peresmian Prodi Manajemen Bencana ini pada Senin (4/7/2022) di Kantor LLDIKTI III, Jakarta Timur.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa semua pihak terkait penyerahan SK Menteri, di mana kami telah resmi memiliki Prodi Manajemen Bencana (S1), yang pertama di Indonesia. Semoga prodi baru ini memberi sumbangsih kepada negara dalam hal kebencanaan," kata dia di Jakarta, Selasa (26/7/2022), mengutip dari Kompas.com.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino menambahkan, Prodi Manajemen Bencana ini merupakan kontribusi Universitas Budi Luhur terhadap bangsa dan negara.

"Prodi Manajemen Bencana di bawah FEB, kami mempersiapkan pakar mitigasi bencana, tanggap bencana dan pasca bencana. Itulah harapan kami tenaga itu kita persiapkan, tenaga-tenaga inilah yang kita persiapkan untuk bencana. Kita harus siap, ini satu-satunya untuk S1 di Indonesia," tutur dia.

Wendi menyatakan, Prodi ini bakal dibuka terlebih dahulu sebanyak 1 kelas, dengan jumlah mahasiswa ada sebanyak 40 orang.

Baca Juga: Alasan PKN STAN Hilangkan Prodi Bea Cukai: Ada Perilaku Negatif!

Dari 40 orang itu, akan dibuka kursi beasiswa bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman menangani bencana, seperti palang merah remaja, relawan bencana, dan lainnya.

"Itu akan kami siapkan beasiswa, yakni 10 persen dari total 40 orang yang akan kami berikan beasiswa untuk prodi baru ini," jelas dia.

Arief menjelaskan, prodi baru yang meluncur ini merupakan dukungan dan arahan dari Basarnas maupun BNPB.

Sestama Basarnas, Dr. Abdul Haris Achadi mengatakan, pihaknya siap membantu dan berkolaborasi dalam menangani bencana di Indonesia.

"Universitas Budi Luhur punya Prodi Manajemen Bencana, saya di Basarnas punya teman untuk kajian-kajian itu. Kita tunggu semuanya karena sinergi pemerintah dan pendikan sangat penting sekali. Selamat peluncuran S1 Manajemen Bencana Universitas Budi Luhur," pungkasnya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest