Follow Us

Jangan Ketipu, Berikut 7 Ciri Lowongan Palsu Buat Fresh Graduate!

Tanya Audriatika - Kamis, 28 Juli 2022 | 13:17
Ilustrasi wawancara, ilustrasi bekerja.
shutterstock

Ilustrasi wawancara, ilustrasi bekerja.

HAI-Online.com - Buat lo yang baru lulus sekolah atau fresh graduate, sudah pasti ingin langsung kerja di perusahaan idaman lo,

DI era saat ini, lo bisa dengan mudah mencari dan melamar pekerjaan lewat platform online, mau di situs website atau email. Di sisi lain, lo juga harus hati-hati sama lowongan palsu.

Nggak jarang, ada beberapa pihak yang niat menipu dengan berkedok sebagai perusahaan besar.

Nah, maka dari itu, dilansir dari laman career center Institut Teknologi Telkom Purwokerto lewat Kompas.com, perhatiin nih 7 ciri lowongan kerja palsu yang harus lo hindari.

  1. Ada biaya di awal
Modus yang paling mudah ditebak ketika perusahaaan minta biaya di awal buat calon pekerjanya.

Kalau ada perusahaan yang meminta biaya di awal sebagai syarat untuk mengikuti tes atau wawancara, sebaiknya lo hindari. Kalo perlu, laporkan kepada pihak berwajib, agar modus penipuan lowongan kerja ini bisa dituntaskan.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lulusan S1/S2 di Perusahaan Migas, Pendaftaran Masih Dibuka Sampai Agustus

Meskipun pihak perusahaan yang meminta biaya di awal sudah pasti perusahaan ‘bodong’, belum tentu lo bisa langsung menolaknya.

Beberapa perusahaan bodong bakal kasih iming-iming lain yang halus dan masih ada aja yang kejebak.

Maka dari itu, ada baiknya usahakan berdoa sebelum atau saat berbicara dengan para penawar kerja, atau perusahaan abal-abal yang belum pernah dikenal sebelumnya.

  1. Alamat e-mail gratisan
Setiap perusahaan yang sudah berdiri resmi, mereka bakal pakai email resmi dengan domain website mereka sendiri, seperti contohnya nama@ittelkom-pwt.ac.id, biasanya terdiri dari nama@alamatwebsite.com, atau go.id, ac.id, atau domain yang bisa dipercaya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular